Tetap Jaga Ketenangan Masyarakat

Semarang – Ada yang berbeda di ruang wartawan Lantai I Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (15/5). Sejumlah wartawan senior tampak memenuhi ruangan tersebut. Sebagian besar mengenakan kemeja berwarna putih, lengkap dengan logo FWPJT di dada kanan. Satu tumpeng nasi kuning lengkap dengan ingkungnya, diletakkan di meja yang ditata melingkar.

Ya, hari itu Forum Wartawan Pemprov dan DPRD Jawa Tengah (FWPJT) tengah memeringati HUT ke-19. Dengan cara sederhana, mereka merayakannya dengan tumpengan yang dihadiri pula oleh mantan-mantan ketua organisasi yang berdiri 15 Mei 1998. Mulai dari Ilham Hamijaya, Imam Nuryanto, Beno Siang Pamungkas, Sunu Andi Purwanto, Haryanto, Teguh Hadi Prayitno, hingga Damar Sinuko, ketua saat ini. Hadir juga Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Tengah Drs Ign Indra Surya MHum, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri dan jajarannya, serta Plt Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Tengah Edy Supriyanta ATD SH MM bersama jajarannya.

Ketua FWPJT Damar Sinuko menyampaikan apresiasi positif terhadap kerja sama yang dijalin dengan pemerintah provinsi. Termasuk renovasi yang dilakukan untuk ruang wartawan belum lama ini. Dia berharap sinergi yang baik ini dapat terus terjalin.

Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Tengah Indra Surya mengatakan, 19 tahun bukan usia yang muda, melainkan sudah ABG (anak baru gedhe) yang bisa berbuat ke arah nakal maupun baik. Namun dia berharap para insan pers dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan seimbang, khususnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Sebab, merekalah penyambung lidah pemerintah kepada masyarakat, baik mengenai aturan, pembangunan, pemerintahan, dan upaya lain yang dilakukan pemprov.

Para wartawan pun diingatkan agar terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bagaimana pun, NKRI harga mati, dan media memegang peran penting dalam menjaganya. Caranya, dengan tidak menyampaikan informasi yang dapat memecah belah masyarakat.

“Hubungan yang sudah baik (dengan pemerintah), komunikasi yang sudah baik ini harus ditingkatkan dan dikembangkan. Kalau ada kekurangannya, terutama menyangkit pemerintahan, kami diberi tahu,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri. Dia berharap media dapat memberikan informasi yang baik dan berimbang kepada masyarakat.

“Baik forum dan wartawan diharap cerdas dan mampu mencerdaskan masyarakat dalam membaca dan menerima informasi,” tegasnya.

Dadang juga mengingatkan agar tetap berhati-hati menyampaikan berita yang ditulis apa adanya. Meski informasi tersebut dipoles dengan bahasa media, namun tetap memperhatikan reaksi masyarakat saat membaca, setidaknya, menjaga masyarakat tetap tenang.

“Kami berharap sinergi ini semakin baik, untuk membangun Jawa Tengah yang semakin sejahtera,” tandas mantan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah ini. (Ul, Diskominfo Jateng)

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn