RSUD Margono Soekarjo Kembangkan “Open Data”

Banyumas – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo atau biasa disebut RSMS terus berupaya mengembangan pelayanan kepada masyarakat. Tak hanya pelayanan medis, melainkan juga akses informasi publik melalui portal satu data.

Direktur RSUD Margono Soekarjo dr Haryadi Ibnu Junaedi SpB menyampaikan portal satu data memuat seluruh informasi publik baik berkaitan dengan perencanaan, keuangan, program, statistic dan lain-lain dengan pendekatan open data (data terbuka). Dengan open data, seluruh informasi publik yang disampaikan RSMS adalah data-data yang dapat dibaca tanpa menggunakan aplikasi tertentu, dapat diolah secara bebas dan tanpa syarat (tidak berbayar), namun tetap dengan mengutip sumber dan pemilik data. Mereka bisa mengambil data tanpa harus datang ke RSUD Margono Soekarjo.

Diakui, pengembangan portal satu data RSUD Margono Soekarjo merupakan kali pertama dilakukan di Jawa Tengah. Tujuannya, untuk mendukung fungsi pelayanan publik sebagai rumah sakit pendidikan, khususnya seluruh komponen pendidikan baik mahasiswa (praktikan, koas, residen), dosen, pemerhati kesehatan yang selama ini paling banyak menggunakan data-data RS tersebut.

“Dengan adanya portal satu data ini mahasiswa atau dosen yang sedang menyusun skripsi, tesis, presus dapat langsung mengunduh data-data yang dibutuhkan tanpa dikenakan biaya,” bebernya.

Selain mendukung fungsi sebagai rumah sakit pendidikan, imbuh Haryadi, portal satu data RSUD Margono Soekarjo dimaksudkan pula untuk meningkatkan kualitas keterbukaan informasi manajemen rumah sakit dengan menyajikan informasi dan atau data-data yang bersifat real time dan mudah diakses. Hal itu seperti yang diamanatkan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Pergub No 52 Tahun 2016 tentang Single Data.

”Inilah salah satu bentuk komitmen  RSMS dalam mewujudkan keterbukaan informasi,” ungkap Haryadi.

Dijelaskan, masyarakat yang hendak memanfaatkan data-data portal satu data RSMS dapat diakses melalui rsmargono.jatengprov.go.id atau bagi pengguna android dapat men-download aplikasi RSMS di play store. Apabila mengunduh aplikasi RSMS melalui play store, masyarakat juga akan menikmati bentuk-bentuk pelayanan publik lainnya milik RSMS. Sebab pada dasarnya, portal satu data RSMS merupakan bagian dari pelayanan online yang terintegrasi dengan bentuk-bentuk pelayanan lainnya yang dikembangkan RSMS.

 

Penulis : kontributor RSUD dr Margono Soekarjo

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn