Job Fair Pesta Rakyat Tampung 3.500-an Berkas Pencari Kerja

Jepara – Dua hari dibuka dalam rangkaian Pesta Rakyat di Alun-alun Jepara, job fair yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah telah menampung sekitar 3.500 berkas pencari kerja. Padahal peluang pekerjaannya meliputi 13.600 lowongan dari 40 perusahaan.

“Sampai Sabtu (26/8) pukul 14.00, sudah ada 3.470 pencari kerja yang mendaftar. Sampai penutupan nanti diperkirakan mencapai 3.500-an pendaftar,” terang Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah Ahmad Azis saat dijumpai di area Job Fair Alun-alun Jepara, Sabtu (26/8).

Dia menjelaskan, dari lowongan yang tersedia, ada 256 jabatan. Diakui, kebanyakan lowongan memang pada industri garmen. Tapi ada pula lowongan di bidang kesehatan, perbankan, furniture, dan sebagainya. Proses seleksi yang dilakukan saat job fair, setidaknya dapat mempercepat proses perekrutan.

“Semoga mereka yang mendaftar lolos sampai tahap terakhir dan bisa diterima. Tergantung hasil wawancara dan tes lainnya,” beber Azis.

Selain job fair, pihaknya juga memfasilitasi pencari kerja melalui bursa kerja online. Jadi, para pencari kerja bisa memperoleh informasi lowongan dari perusahaan-perusahaan yang difasilitasi Disnakertrans melalui www.bursakerja-jateng.com.

“Kalau cocok, (pencari kerja) bisa menghubungi langsung,” ungkapnya.

Aziz kembali mengingatkan pencari kerja lebih selektif dan tidak percaya dengan job fair yang berbayar dengan cara yang terang-terangan maupun terselubung. Misalnya, mesti mengikuti seminar dulu tapi nanti intinya dilakukan saat job fair, dan cara-cara lain.

“Itu tidak boleh. Makanya masyarakat haris lebih selektif. Memang untuk lowongan formal di dalam negeri kasusnya kecil. Tapi di luar negeri banyak, jumlahnya juga jutaan, bahkan ada yang sampai Rp 35 juta. Pastikan dulu di Disnaker setempat,” tegasnya. (Ul, Diskominfo Jateng)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn