WASPADA PENGARUH ISU YANG BISA PECAH BELAH BANGSA

CILACAP-Masyarakat diminta tidak mudah terpengaruh dengan berbagai isu yang bisa memecah belah bangsa. Banyak ancaman yang bisa menghancurkan dan memecah belah bangsa Indonesia, mulai dari proxy war, narkoba, bahkan dari dalam negeri dengan berbagai perbedaaan yang ada. Namun, dengan berpegang teguh pada dasar negara, Pancasila, maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Hal tersebut diungkapkan Pabandya IV/ Komsos Ster TNI Kolonel Kav. Achmad Said S.Sos pada Komunikasi Sosial/Komsos yang digelar oleh Komando Distrik Militer/Kodim 0703 Cilacap di gedung Patraria Pertamina RU IV Cilacap, Selasa (08/08) kemarin.

Komuniksi sosial yang mengambil tema,  “Melalui Komsos TNI Jalin Hubungan Silaturahmi dengan Komponen Masyarakat dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Nasional di Wilayah. Komunikasi sosial ini diikuti sekitar seribu orang, diantaranya Wakil Bupati Cilacap, Forkompimda Cilacap, Kadis Ops TNI AU Lanur Jenderal Besar Sudirman Purbalingga, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, FKPPI, organisasi kewanitaan, purnawirara, mahasiswa pelajar dan anggota TNI dan Polri.

Lebih lanjut dikatakan, dengan komsos ini, diharapkan bisa menambah keyakinan masyarakat untuk mengantisipasi dinamika masyarakat yang berkembang. Sehingga apabila ada perbedaaan tetap dalam kerangka penyelesaian terbaik. Tidak menggunakan penyelesaian secara radikalisme.

Penyelesaian secara radikal terjadi, mungkin sebagian dari kita berupaya memaksakan pendapat dan sebagainya. Oleh Karena itu, mari Kita membantu pemerintah dan menyatukan komponen yang ada untuk menghadapi sesuatu yang memecah belah kita,ujar Kolonel Kav. Achmad Said.

Kolonel Kav. Achmad Said, S.Sos juga menyapaikan materi dengan judul Mewaspadai Proxy War dengan membangun karakter bangsa guna memperkuat ketahanan wilayah nasional dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Cilacap, Akhmad Edi Susanto mengatakan dengan Komsos ini diharapkan bsia menambah wawasan dan pengetahuan serta membekali peserta untuk memperkuat persatuand an kesatuan.

“Harapannya setelah mengikuti komsos, para peserta akan semakin paham akan wawasan kebangsaan sehingga meningkatkan kecintaannya terhadap NKRI, meningkatkan nasionalisme, dan berpegang teguh pada Pancasila,” ujarnya. (hromly)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn