PENGARAHAN BUPATI KEPADA SELURUH KEPALA SEKOLAH SMA SEDERAJAT JELANG UJIAN NASIONAL

KAJEN – Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si, Jumat (17/3) pagi di aula lantai I Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan memberikan pembinaan dan pengarahan kepada seluruh Kepala Sekolah Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Pekalongan. Kegiatan di hadiri oleh Wakil Bupati Ir. Hj. Arini Harimurti, Sekda Dra. Mukaromah Syakoer, MM, Ketua Dewan Syura PCNU Kabupaten Pekalongan KH. Muhammadun Raden Jundi, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pekalongan KH. Muslikh Khudori, M.Si, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pekalongan H. Harun Juri dan pengurus Perguruan Tinggi serta Kepala Sekolah SMA/SMK/MA se Kabupaten Pekalongan.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) yang sekaligus Asisten Pemerintahan Sekda – Drs. Ali Riza, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta yang hadir dalam kesempatan tersebut berjumlah 126 orang yang merupakan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMA sederajat baik negeri maupun swasta yang di Kabupaten Pekalongan.

Lebih lanjut Ali Riza menjelaskan bahwa Ujian Nasional bagi siswa SMA/SMK/MA akan berlangsung awal bulan Apri 2017. Adapun jumlah siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Pekalongan yang akan mengikuti Ujian Nasional berjumlah 8.610 anak, terdiri atas 3.627 siswa dari 31 SMA/MA Negeri/Swasta dan 4.983 siswa dari 32 SMK Negeri/Swasta.

Ali juga melaporkan peringkat hasil UN tahun 2016, yaitu SMA/MA jurusan IPA tahun ajaran 2013/2014 peringkat ke-21, tahun ajaran 2014/2015 peringkat ke-20 dan tahun ajaran 2015/2016 pada peringkat ke-15. Sedangkan untuk SMA/MA jurusan IPS tahun ajaran 2013/2014 peringkat ke-15, tahun ajaran 2014/2015 peringkat ke-13 dan tahun ajaran 2015/2016 pada peringkat ke-13. “Sementara untuk yang SMK tahun ajaran 2013/2014 peringkat ke-24, tahun ajaran 2014/2015 peringkat ke-22 dan tahun ajaran 2015/2016 pada peringkat ke-17,” paparnya.

Bupati Pekalongan dalam sambutan pengarahan menyampaikan bahwa peringkat pendidikan di Kabupaten Pekalongan masih kurang membanggakan. Untuk itu, Asip mengajak kepada seluruh elemen yang terkait untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja trengginas agar peringkat pendidikan di Kabupaten Pekalongan semakin baik. “Secara kualitatif, pendidikan di Kabupaten Pekalongan berada pada kelas menengah. Tetapi saya meyakini apabila kita bisa bekerjasama, bekerja lebih keras, bekerja cerdas dan bekerja trengginas dengan disertai berdoa dan tawakal kepada Allah SWT, maka kita bisa bersaing dengan daerah lain dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pekalongan,” ujar Bupati.

“Kita berupaya untuk bekerja keras agar angka partisipasi kasar (APK) dan angka partisipasi murni (APM) tingkat kelulusan peserta didik di Kabupaten Pekalongan bisa terus untuk kita tingkatkan. Yaitu dengan syarat ada sinergitas antara para Kepala Sekolah, jajaran pendidikan, bapak dan ibu guru, dan anak-anak didik. Karena pendidikan itu sebuah rangkaian yang tidak bisa berdiri sendiri,” imbuhnya.

Terkait pelaksanaan ujian nasional pada bulan April nanti yang berbasis komputer (UNBK), Bupati berharap para kepala sekolah untuk proaktif mengikuti perkembangan informasi terkait ujian nasional. Kemudian untuk Plt. Kepala Dindikbud dan dari Kemenag untuk memantau perkembangan persiapan. Dan yang paling penting setelah pelaksanaan ujian nasional, para peserta didik bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi sebagai upaya meningkatkan APK perguruan tinggi dan memperbaiki kualitas sumber daya manusia.

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi Wakil Bupati menyerahkan penghargaan kepada para juara 1, 2 dan 3 Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Kabupaten Pekalongan untuk mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Untuk mata pelajaran Matematika, juara I atas nama Andy Nova Winasis dari SMP N 1 Siwalan, juara II Umi Farhah dari SMP NU Kesesi, dan juara III Ulinuha Muttaqien dari SMP N 2 Wiradesa.

Selanjutnya, untuk mata pelajaran IPA, juara I diraih oleh Fatimah Muti’ah (MTs Muhammadiyah Pekajangan), juara II Wida Zakiyati (SMP Islam Salakbrojo Kedungwuni) dan juara III Khaerun Nisa (SMP N 1 Tirto). Sedangkan untuk mata pelajaran IPS, masing-masing diraih oleh juara I Ittba Muhammad K dari SMP NU Pajomblangan Kedungwuni, juara II M. Fatkhi Alexsander dari SMP N 2 Wonopringgo dan juara III Mutiara Nanda Nurhikmah dari SMP N 3 Sragi.

Dalam kesempatan itu pula dilangsungkan sosialisasi perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Pekalongan bagi mahasiswa. Perguruan Tinggi tersebut antara lain Politeknik Pusmanu dibawah naungan PCNU Kabupaten Pekalongan dan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kajen. (didik/kontributor kab.pekalongan)

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn