HUT DAMKAR KABUPATEN SUKOHARJO

SUKOHARJO-Peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Pemadam kebakaran (Damkar) dilaksankan di halaman Sekertariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, Jumat (17/03).  Turut hadir jajaran Forkopimda Sukoharjo , para pejabat serta ratusan peserta upacara.  HUT Damkar dilaksankan bersamaan dengan upacara bendera, Sekretaris Daerah Drs Agus Santosa selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Agus Santosa mengatakan, sejak tahun 1919 Brandweer telah memberi pelayanan pencegahan pemadam kebakaran dan penyelamatan. Selain itu juga mempunyai moto pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhanya. Agus mengajak seluruh masyarakat untuk mengedepankan tindakan preventif (Pencegahan) terhadap kebaran).

“Selamat ulang tahun ke 98 pada pemadam kebakaran, sukarelawan pemadam kebakaran adalah pekerjaan yang mulia, yang mempunyai aspek sosial tinggi dan menyentuh langsung kepada masyarakat,” ucap Agus dalam keterangannya.

Selesai berlangsunya upacra bendera, diadakan simulasi tindakan yang harus diambil ketika terjadi kebakaran. Aksi yang diperagakan oleh Tim Damkar Sukoharjo mempraktikan beberapa teknik pemadaman api. Yang diantranya, pemadaman api menggunakan gas elpiji dan pemadaman menggunakan media alat apar.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Sekertaris Daerahnya Drs Agus Santoso, mendukung dengan pengadaan alat dan sarana untuk pemadaman kebakaran. Hal itu terbukti dengan setiap tahunya Pemerintah Kabupaten Sukoharjo memberikan anggaran untuk pembelian mobil pemadam kebakaran.

“Dan saat ini Tim Damkar Sukoharjo sudah memiliki enam unit monil Damkar,” tutup Agus (Tj)

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn