GEBRAK GOTONG ROYONG DI WISATA HUTAN PAYAU

 

CILACAP-Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (19/05) pagi bersama dengan masyarakat Keluruhan Tritih Kulon Cilacap Utara melakukan Gerakan Bersama Rakyat/Gebrak gotong royong.

Gebrak yang dipusatkan di lokasi wisata Hutan Payau diikuti ratusan warga masyarakat. Mereka terdiri dari warga masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis Maspayau Akur, para pelajar, karyawan karyawati dijajaran Pemkab Cilacap secara bergotong royong bahu membahu membersihkan jalan masuk sepanjang lokasi wisata Hutan Payau.

Menurut Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Achmad Arifin selaku penyelenggara, kegiatan gebrak gotong royong masyarakat desa/keluruhan dilakukan secara serentak di wilayah eks Karisidenan Banyumas dan Pekalongan.

Gebrak merupakan pelaksanaan peran aktif masyarakat melalui Gerakan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan di Provinsi Jawa Tengah tahun 2017.

Gebrak gotong royong bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia, meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan. Sekaligus untuk meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut menyampaikan, gotong royong merupakan kegiatan kerjasama di masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan. Hal ini dimaksudkan untuk penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Menurut Bupati, adanya partisipasi aktif dari masyarakat dalam mendukung pembangunan melalui gotong royong ini, tentunya sangat sejalan dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa.

Hal semacam ini akan terus didorong, guna menumbungkan partisipasi dan semangat gotong royong masyarakat dalam mengoptimalkan pemanfaatan segenap potensi yang ada di desa dan di kota, bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujar Bupati. (hromly)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedIn