Hindari Hoaks, Kudus Segera Luncurkan Pusat Informasi Covid-19

  • 23 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KUDUS – Menghindari kesimpangsiuran informasi dan hoaks yang beredar di masyarakat, Dinas Kominfo Kudus akan merilis website untuk pusat informasi Covid-19 di Kabupaten Kudus. Masyarakat Kudus yang ingin mengetahui berita update Covid-19 dapat mengakses situs tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Kudus Kholid Seif menyampaikan, situs pusat informasi akan segera diluncurkan pada beberapa hari ke depan. Sinkronisasi dengan Dinas Kesehatan Kudus masih terus dilakukan agar informasi yang diberikan valid. Informasi juga akan diperkuat dengan ditunjuknya satu juru bicara terkait perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kudus.

“Kami harap, informasi perkembangan Covid-19 dapat terpusat pada satu pintu, yakni melalui juru bicara dan situs yang akan kami luncurkan. Sepertinya juru bicara nanti dari Dinas Kesehatan Kudus. Semoga ikhtiar ini dapat mengurangi berita hoaks yang beredar,” ucapnya dalam rapat koordinasi bersama perwakilan kecamatan dan OPD terkait Covid-19 di Ruang Rapat Lantai III Gedung Dukcapil, Jumat (20/3/2020).

Kholid juga meminta kerjasama setiap kecamatan agar melaporkan kegiatan yang berkaitan pencegahan Covid-19 di masyarakat. Nantinya laporan kegiatan tersebut akan dipublikasikan kembali di media sosial maupun website.

“Kami meminta bapak ibu semuanya untuk bekerjasama dengan kami melaporkan kegiatan apa yang dilaksanakan untuk mencegah Covid-19. Sehingga hal tersebut dapat diketahui masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, Kholid pun meminta agar pemerintah kecamatan meneruskan seluruh imbauan dan pengumuman Pemkab Kudus kepada masyarakat. Tak hanya diteruskan lewat sosialisasi, namun juga dipublikasikan ke media sosial dan baliho. Terkait baliho, pihaknya meminta agar pemerintah kecamatan dan desa melakukan sesuai prosedur dan berkonsultasi dengan dinas terkait.

“Mohon agar imbauan dan pengumuman dapat diteruskan di media sosial dan baliho. Untuk payung hukum pengadaan baliho, dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dinas terkait,” tuturnya.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kudus AKP Catur Kusuma menyampaikan, persetujuannya atas diluncurkannya situs pusat informasi Covid-19. Pasalnya, Kapolres Kudus juga menyarankan untuk dibentuknya pusat informasi seperti yang telah dilakukan Pemerintah Jateng, Jabar, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan ramuan rempah-rempah asli Jawa.

“Nenek moyang kita telah mengajarkan bahwa rempah alami dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, kami mengajak agar masyarakat ikut mengonsumsi resep alami menjaga daya tahan tubuh,” ujarnya.

Penulis : Kontributor Kab Kudus

Editor : Di, Diskominfo Jateng*P

Berita Terkait