Rama Biyung Genre Dikukuhkan, Dorong Remaja Berencana

  • 10 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BANYUMAS – Bupati Banyumas Achmad Husein beserta istri dinobatkan menjadi Rama Biyunge Generasi Berencana (Rama Biyung Genre) Sabtu (7/3/2020) di Pendopo Sipanji Kecamatan Banyumas. Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah Wagino ditandai penyematan selendang Ramane dan Biyunge kepada Bupati Achmad Husein dan Ny Erna Husein.

Usai penobatan Rama Biyung Genre Banyumas mereka didaulat menjadi narasumber Talkshow Interactive “Genre” Planning Generation Toward Banyumas. Secara bergiliran, mereka menyampaikan pesan dan motivasi kepada remaja Genre.

“Barometer bahagia ada enam yaitu aman, tenteram, damai, adil, makmur dan sejahtera. Manusia akan bahagia apabila semua unsur terpenuhi. Oleh karena itu para remaja dalam merencanakan kehidupan harus dengan baik, tidak sembarangan dan tidak asal-asalan,” ujar Husein.

Pekerjaan besar harus memiliki rencana matang agar hasilnya sesuai target. Sepanjang proses perencanaan sampai pelaksanaan juga harus ada pengawasan dan monitoring.

“Untuk menjadi juara dan meraih sukses harus bekerja keras, cepat dan cerdas. Kalau tidak, hanya akan menjadi pengekor dan pecundang” tegasnya.

Biyunge Genre, Erna Husein menekankan pada perkembangan dan hal yang harus dilakukan Forum Genre di Kabupaten Banyumas. Dia berharap agar Forum Genre di tingkat kecamatan lebih banyak didirikan di Banyumas.

“Di Kabupaten Banyumas baru tujuh kecamatan yang memiliki forum Genre dari 27 kecamatan yang ada” katanya.

Erna menyampaikan agar pengurus Genre Kabupaten Banyumas membuat aplikasi khusus yang berisi informasi tentang Genre. Juga bekerjasama dengan instansi lain dalam memperoleh informasi

Kepala BKKBN, Wagino mengatakan, jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 273 juta lebih dan harus dikendalikan pertumbuhannya. Dari jumlah tersebut, 35 persennya adalah remaja. Dirinya berharap, dengan adanya Genre para remaja mendapatkan edukasi yang cukup untuk mempersiapkan masa depannya.

“Tiga hal yang harus dihindari usia remaja yakni tidak melakukan pernikahan usia dini, tidak melakukan seks pranikah dan tidak mengkonsumsi napza,” sebutnya.

Ketua Forum Genre Kabupaten Banyumas, Arbina Satria, melaporkan prestasi yang telah dicapai oleh Forum Genre Kabupaten Banyumas. Bulan lalu, perwakilan Genre Kabupaten Banyumas diundang sebagai narasumber pada kegiatan yang digelar oleh BKKBN Provinsi Jawa Tengah.

“Forum Genre Kabupaten Banyumas juga menjadi percontohan Genre di Jawa Tengah dan telah meraih predikat terbaik kategori pengelolaan media pada tahun 2019,” katanya.

Penulis: Kabupaten Banyumas
Editor: dnk/Diskominfo Jateng

Berita Terkait