Waspada Virus Corona, RSUD Pandan Arang Siagakan Tiga Ruang Isolasi

  • 05 Mar
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BOYOLALI – Berbagai rumah sakit di Indonesia telah mempersiapkan fasilitas sarana dan prasarana sebagai persiapan untuk menangani pasien suspect virus corona.

Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang (RSUPA) Boyolali, yang telah mempersiapkan tiga ruang isolasi untuk pemeriksaan awal pasien suspect corona beserta tim khusus dokter yang terdiri dari dokter spesialis paru, dokter spesialis penyakit dalam, radiologi, beserta perlengkapannya untuk menangani pasien.

Alat pelindungan diri juga telah disiapkan oleh pihak RSUDPA, berupa masker N95, kacamata goggle, baju dan sepatu. Tak hanya itu, simulasi penangangan kasus corona, dari mulai kedatangan pasien hingga proses rujukan ke rumah sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan, juga telah dilakukan.

“Untuk fasilitas di kamar isolasi, di RSUDPA sudah menggunakan dengan standar akreditasi rumah sakit, kebetulan rumah sakit ini akreditasinya Paripurna. Antara lain ada Hepa Filter disitu kemudian ada blower pengatur suhu ruangan dimana itu menjadi indikator awal ketika ruangan ini memenuhi standar isolasi atau tidak. Nah itu menjadi poin kamar isolasi kita,” jelas Direktur RSUDPA, Siti Nur Rokhmah Hidayati, Rabu (4/3/2020).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa RSUDPA tidak ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan untuk perawatan pasien corona, jadi fungsi RSUDPA untuk pemeriksaan awal untuk menentukan apakah seorang pasien dicuriga ke arah corona atau tidak.

Apabila ditemukan pasien dengan suspect corona, akan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Ditegaskannya, hingga saat ini pihaknya belum menemukan kasusĀ  suspect corona di Boyolali.

“Sejauh ini belum ada,. Alhamdulilah sampai saat ini belum ada kasus-kasus yang mengarah ke Corona,” ujarnya.

Untuk diketahui, Jawa Tengah telah menyiapkan 11 rumah sakit untuk menjadi rujukan pasien corona yakni RSUD Dr. Kariadi Semarang, RSUD Tugurejo Semarang, RSU dr.H Soewondo Kendal, RSUD dr. Moewardi Surakarta, RSUD Banyumas, RSUD Kudus, RSUD dr. HRM. Soeselo Slawi, RSUD Pekalongan, RSUD Tidar Kota Magelang, RSUD Prof. Dr Margono Soekarjo Banyumas, dan RSUP dr. Soeraji Tirtonegoro Klaten.

 

Penulis : Kontributor Boyolali

Editor : WH/Diskominfo Jtg

 

Berita Terkait