Raih Predikat A, Pemkab Purbalingga Terima Penghargaan Pengawasan Kearsipan  

  • 27 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memberikan penghargaan predikat A pada pengawasan kearsipan kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Penghargaan diterima oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Winarno di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarspus) Kabupaten Purbalingga, Jiah Palupi mengatakan capaian kali ini merupakan upaya dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Di tiap tahun, predikat yang diraih selalu naik. Mulai dari tahun 2017 penghargaan kearsipan yang diraih masih kurang baik, kemudian tahun 2018 meningkat menjadi cukup.

“Kemudian untuk tahun 2019 ini, alhamdulillah menjadi memuaskan yang nilainya 87,49, kalau di Jawa Tengah peringkat 8,” kata Jiah saat dihubungi, Rabu (26/2).

Dijelaskannya, penghargaan yang diraih oleh Pemkab Purbalingga di bidang kearsipan merupakan hasil pengawasan kearsipan eksternal. Predikat ini didapatkan karena dukungan administrasi maupun fasilitas.

“Secara administratif yang membuat kita bagus, lahirnya Perda Kearsipan sudah ada kemudian didukung dengan Perbup pendukung,” imbuhnya.

Selain itu, sudah dibuatkan Perbup untuk mendukung Perda Kearsipan. Bahkan, pihaknya juga telah membuat Surat Edaran Bupati dan Intruksi Bupati terkait Kearsipan.

Ia pun telah mengupayakan adanya depot arsip, bahkan ke depan akan disiapkan depot baru untuk menggantikan depot yang lama karena penyimpanan arsip yang sudah melebihi kapasitas. Lebih lanjut dijelaskan, Bupati Purbalingga juga sudah menyiapkan lahan untuk depot arsip di Kelurahan Bojong dekat dengan Puskesmas Bojong.

“DED sudah dibuat juga tinggal nanti untuk penganggaran pembangunannya, kami berharap mudah-mudahan akan segera terwujud,” lanjutnya.

Kendati demikian, ia tidak memungkiri jika saat ini masih terkendala minimnya Arsiparis.

“Purbalingga baru memiliki satu orang arsiparis. Kami sedang mengusahakan program inpasing untuk mendapatkan arsiparis, agar kinerja bidang kearsipan di Pemkab Purbalingga semakin optimal,” pungkasnya.

Penulis : PI-7, Kontributor Purbalingga
Editor : Rk, Diskominfo Jateng

Berita Terkait