Raih Predikat B SAKIP 2019, Blora Dituntut Fokus Efektif dan Efisiensikan Anggaran

  • 27 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BLORA – Kabupaten Blora menerima predikat “B” atas penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019. Hasil evaluasi SAKIP tersebut diterima oleh Sekda Komang Gede Irawadi di Yogyakarta, Senin (24/2/2020) lalu.

“Betul, Senin lalu kami mewakili Bapak Bupati, menerima piagam penghargaan SAKIP Award 2019 dari Pak Menteri PAN-RB didampingi Gubernur Ganjar Pranowo di Yogyakarta . Alhamdulillah Blora menerima predikat B,” terang Sekda saat dihubungi Rabu (26/2/2020).

Ditambahkan, meski predikat B sudah baik, namun pihaknya menginginkan kualitas SAKIP terus ditingkatkan. Sehingga 2020 mendatang bisa mendapat predikat BB atau bisa A, bahkan AA seperti Pemprov DIY. Sebab SAKIP Award 2019 merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien.

Menurut Sekda, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI Tjahjo Kumolo berpesan, agar daerah yang menerima predikat “B” untuk fokus pada upaya peningkatan ekfektivitas dan efisiensi anggaran melalui berbagai upaya.

“Seperti penyempurnaan cascading kinerja hingga level individu, penyelesaian target kinerja tingkat pemerintah daerah melalui kolaborasi seluruh OPD atau cross-cutting program, monitoring dan evaluasi berkala atas kinerja OPD untuk mendorong pencapaian kinerja. Serta pemanfaatan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi,” terang Sekda menyampaikan pesan MenPAN-RB.

Semua hal tersebut dilakukan agar pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.

Penulis : Tim Liputan Prokompim Blora

Editor : Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait