Kini Bantuan Sembako untuk Keluarga Miskin di Pekalongan Meningkat

  • 13 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PEKALONGAN – Ada kabar baik bagi keluarga miskin di Kota Pekalongan, yakni bantuan sembako meningkat dari jumlah sebelumnya. Semula hanya Rp 110 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P2KB) Kota Pekalongan, Darsilah menjelaskan, pihaknya berupaya mengentaskan kemiskinan. Di antaranya dengan menyalurkan bantuan program sembako tahun 2020.

“Kami salurkan bantuan program sembako tahun 2020 sebagai transformasi Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) kepada KPM yang ada di Kota Pekalongan,” kata Darsilah usai membuka kegiatan Sosialisasi Program Sembako Tahun 2020 bersama jajaran dinas terkait, Babinkamtibmas, para lurah, para pengurus TKSK, pengelola e-warung di Ruang Jetayu Setda setempat, Selasa (11/2/2020).

Menurut Darsilah, per KPM semula hanya menerima Rp110 ribu per bulan pada tahun lalu. Nilai itu meningkat di tahun 2020, yakni Rp150.000 per bulan. Dia menerangkan, program ini merupakan pengembangan Kementerian Sosial RI. Yakni program BPNT. Kemudian di tahun 2020 menjadi program sembako.

Yang membedakan adalah adanya peningkatan nominal yang diterima. Dari semula Rp110 ribu per bulan per KPM menjadi Rp150 ribu. Adapun yang membedakan lainnya yaitu dari segi komoditi. Tadinya hanya beras, minyak dan telor, tahun ini lebih beragam. “Tujuannya karena bermacam-macam itu untuk membantu peningkatan gizi keluarga miskin,” tambah Darsilah.

Kaitannya komoditi yang diberikan itu mencakup kebutuhan karbohidrat, protein hewani dan nabati, mineral serta vitamin per KPM. Praktis mereka yang menerima bantuan akan menerima beragam. Yaitu beras, telur, daging, buah, sayur dan lainnya. Mereka bisa mengambilnya di e-warung yang telah mereka tentukan.

Darsilah menambahkan, untuk database KPM yang menerima itu berdasarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D )dari Kementrian Sosial. Sedangkan untuk proses pencairan dana akan ditransfer ke bank yang bekerjasama terkait program ini seperti BNI. Dengan pemberian bantuan diberikan secara rapel. “Bulan Januari akan disalurkan pada pertengahan Februari 2020. Untuk pencairan Februari cair di akhir bulan,” tutup dia.

Penulis : Tim Dinkominfo Kota Pekalongan
Editor : Rk, Diskominfo Jateng

Berita Terkait