Petugas DPUPR Kota Pekalongan Lembur Tangani Tanggul Jebol

  • 12 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KOTA PEKALONGAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Pekalongan, menerjunkan tim untuk memperbaiki tanggul jebol akibat banjir, beberapa saat lalu. Bahkan, pekerja harus lembur supaya pengerjaan selesai dengan cepat agar warga terbebas dari ancaman limpasan air.

Titik perbaikan tanggul jebol terdapat di beberapa wilayah. Satu di antaranya, di Sungai Kalibanger, di Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Senin (10/2/2020).

Kepala Seksi Pengendalian Banjir pada DPUPR Kota Pekalongan, Donny Agung Prihanto menjelaskan, perbaikan tanggul dibantu ekskavator guna antisipasi luapan air ke pemukiman warga setempat.

Menurutnya, selain karena intensitas hujan yang tinggi, , meluapnya air Sungai Kalibanger disebabkan usia tanggul yang cukup lama. Tanggul tersebut dibangun tahun 2010. Hal ini diduga menjadi penyebab jebolnya tanggul.

“Meskipun penanganan sungai besar termasuk Sungai Kalibanger merupakan kewenangan provinsi, kami dari DPUPR berupaya tanggap dan bergerak cepat membantu melakukan perbaikan sekaligus pemeliharaan kelangsungan tanggul di sungai tersebut,” tutur Donny.

Dia menuturkan, penanganan jebolnya tanggul memakai dana dari APBD Kota Pekalongan.

“Penanganan ini menggunakan alokasi dana APBD untuk pemeliharaan tanggul. Pengerjaan tanggul yang lokasinya berada tepat pada tikungan sungai ini kami lakukan pengerjaannya secara lembur mudah-mudahan sehari bisa selesai, takutnya jika tidak segera diperbaiki air sungai akan meluap ke pemukiman warga seperti kejadian-kejadian tahun sebelumnya,” terang Donny.

Lurah Klego Muhamad Farid mengapresiasi langkah tanggap dari DPUPR. Menurutnya, jebolnya tanggul diakibatkan oleh limpasan air sungai dengan ketinggian air hampir melewati tanggul dan mengakibatkan pondasi jebol serta struktur tanggul terpisah sejauh 17 meter.

“Tanggul ini adalah pertemuan Sungai Kuripan dan Sokorejo, dan kebetulan tepat ditikungan, beberapa hari lalu sempat retak dan kemarin jebol. Kami melaporkan ke dinas terkait DPUPR untuk segera dilakukan perbaikan dan Alhamdulillah langsung bisa diperbaiki hari ini,” kata Farid.

Penulis : Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Pekalongan
Editor : Rk, Diskominfo Jateng

Berita Terkait