Tim Khusus Siap Kawal Pilkades Serentak di Purbalingga

  • 04 Feb
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus meningkatkan persiapan untuk menyambut Pemilihan Kepala Desa Serentak pada bulan Maret nanti. Salah satunya adalah pembentukan tim khusus dengan nama DeskPilkades yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupatan Purbalingga. Tugas tim ini adalah memberikan dukungan penuh pada tahap persiapan, pelaksanaan maupun pascapelaksanaan pesta demokrasi tingkat Desa di Purbalingga.

“Mulai dari kesiapan logistik, kesiapan TPS, kesiapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pelaksanaan kampanye dan pembersihan atribut. Tim ini juga bertugas memberi dukungan kepada Petugas Pantarlih (Pemutakhiran Data Terpilih) untuk menyukseskan Pilkades dan melakukan evaluasi, merumuskan tindakan yang perlu dilaksanakan bila ditemukan permasalahan dalam penyelenggaraan Pilkades,” ujar Imam Wahyudi SH MSi, Asisten Pemerintahan dan KesraSekda Purbalingga, selaku Wakil Ketua DeskPilkades, saat penyelenggaraan rapat DeskPilkades di Gedung Ardi LawetSetda Purbalingga, Senin (3/2/2020).

DeskPilkades ini, menurut Imam, juga diwajibkan untuk memantapkan koordinasi dan pelaporan kepada Pemkab, Pemprov, dan Pemerintah Pusatdalam rangka mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Apabila ada dugaan pelanggaran yang muncul pada setiap proses Pilkades maka DeskPilkades siap mengawal proses penegakan hukumnya secara tegas, tuntas, dan transparan.

Sebagai informasi, ada sembilan desa di enam kecamatan yang akan menggelar Pilkades Serentak pada tanggal 8 Maret mendatang. Kesembilan desa tersebut sudah memiliki Panitia Pelaksana (Panlak) Pilkadesdan sudah mengantongi nama-nama bakal calon (balon) Kades. Rinciannya, di Kecamatan Kemangkon terdapat delapan balon, yakni tiga balon di Desa Pelumutan, dua balon di Desa Karangkemiri, dan tiga balon di Desa Muntang.

Empat balon lainnya terdaftar di Kecamatan Karanganyar yakni masing-masing dua balon di Desa Lumpang dan Desa Maribaya. Selain itu, dua balon terdaftar di Desa Pangempon, Kecamatan Kejobong, dan 2 balon di Desa Mangunegara, Kecamatan Mrebet. Adapun Desa Kalitinggar Kidul di Kecamatan Padamara memiliki 6 balon Kades, dan Desa Banjaran di Kecamatan Bojongsari memiliki 7 balon Kades.

Penulis: Gn/Humas Purbalingga

Editor: Tn/DiskominfoJtg

Berita Terkait