Tingkatkan Literasi Data, Tiap Kecamatan Miliki Desa Cantik

  • 26 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Setiap Kecamatan di Kabupaten Rembang kini terdapat satu Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Yakni, program yang mendorong kolaborasi data, sehingga dihasilkan data statistik yang berkualitas dan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rembang, Teguh Iman Santoso menyampaikan, pada 2023, jumlah Desa Cantik hanya ada tiga, meliputi Desa Mojowarno, Desa Mantingan, dan Desa Punjulharjo. Kemudian di tahun ini, jumlahnya bertambah 11 desa, sehingga total ada 14 Desa Cantik yang tersebar di 14 kecamatan.

“Sebagai tahap awal, tahun sebelumnya ada tiga desa. Di tahun ini, kami berikhtiar mencoba satu kecamatan satu desa,” jelas Teguh, pada pencanangan Desa Cantik, di Fave Hotel, Kamis (25/7/2024).

Disampaikan, 14 desa cantik itu meliputi Desa Sumber (Kecamatan Sumber), Mantingan (Bulu), Dowan (Gunem), Pakis (Sale), Banowan (Sarang), Karas (Sedan), Megal (Pamotan), Pragu (Sulang), Mojowarno (Kaliori), Punjulharjo (Rembang), Kalitengah (Pancur), Sendang (Kragan), Trahan (Sluke), dan Babagan (Lasem).

“Kami berharap, dengan adanya Desa Cantik ini, ada peningkatan literasi data bagi perangkat desa,” ucapnya.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan apresiasi, atas dilaksanakan pencanangan Desa Cantik. Menurutnya, pencanangan tersebut merupakan langkah yang dapat membawa kemajuan bagi Kabupaten Rembang. Sebab, melalui Desa Cantik, akurasi data yang ada di desa bisa dipertanggungjawabkan, khususnya data terkait kemiskinan dan kependudukan

“Ini membanggakan bagi kita, karena ini kerja awal untuk mencari kemajuan-kemajuan yang ada di Kabupaten Rembang” ujarnya.

Penulis: Mifta Rembang
Editor: Di/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait