Gali Keterkaitan Sejarah, Pemkab Belitung Timur Berkunjung ke Rembang

  • 25 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Untuk menelusuri keterkaitan sejarah antara Belitung Timur dan Rembang, Bupati Belitung Timur Burhanudin dan jajarannya berkunjung ke beberapa situs bersejarah di Rembang. Yakni, Situs Perahu Kuno Desa Punjulharjo, Masjid Wali Belitung di Desa Kalipang Sarang, dan Makam Wali Belitung Abdullah Sajad. Selain itu, mereka juga mengunjungi Pondok Pesantren Kauman Lasem dan Museum RA Kartini.

Burhanudin menyampaikan, tujuannya berkunjung ke Rembang adalah untuk menggali keterkaitan sejarah budaya dan agama. Sebab, menurut informasi yang diterima dari KH Maimoen Zubair, ada Masjid Belitung di Desa Kalipang, Kecamatan Sarang.

“Bahkan, guru ngaji dari Mbah Maimoen itu, konon kabarnya berasal dari Belitung. Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang dari Gujarat melalui Samudra Pasai, mereka biasanya mampir ke pulau kami terlebih dulu sebelum ke Jawa,” tuturnya, saat diterima diRumah Dinas Bupati Rembang, Rabu (24/7/2024).

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Belitung Timur, Yudie Brahma menambahkan, jika penyebaran agama Islam pertama kali di Jawa dilakukan oleh Wali Belitung, sebelum Wali Songo.

“Kami sudah melakukan penelitian sekitar 14 tahun, kami mengumpulkan bukti-bukti arkeologi tentang keberadaan Wali Belitung yang dikatakan Mbah Maimoen sebagai penyebar agama Islam pertama di Pulau Jawa. Itu yang coba kita telusuri dan angkat, untuk meyakinkan khalayak ramai terutama kaum muda,” jelas Yudie.

Yudie juga mengungkapkan, di daerahnya juga ditemukan bangkai perahu kuno yang bentuk dan usianya sama persis dengan Situs Perahu Kuno di Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang.

“Di Indonesia hanya ada tiga Situs Perahu Kuno, yaitu di Rembang, Belitung Timur, dan di pedalaman Jambi,” tambahnya.

Menurut Yudie, keterkaitan sejarah ini, dapat membuka peluang kerja sama antara kedua kabupaten, dalam bidang budaya, pariwisata, dan peradaban.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Belitung Timur yang serius menggali keterkaitan sejarah dengan Rembang.

“Terima kasih, kami mendapat penghargaan dari Pemkab Belitung Timur. Pak Bupati datang langsung dengan jajarannya. Mudah-mudahan silaturahmi ini membawa banyak berkah,” tuturnya.

Penulis: Mifta Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

 

Berita Terkait