Peduli Lingkungan, Ratusan Siswa SDN 2 Krapyak Kompak Bersihkan Pantai Pelayaran

  • 18 May
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Berbekal trash bag atau kantong plastik sampah, ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Krapyak 2 Jepara bersama para guru melakukan aksi peduli lingkungan. Yakni, dengan membersihkan sampah yang menumpuk dan berserakan di sepanjang bibir pesisir Pantai Pelayaran, Kelurahan Karangkebagusan, Jumat (17/5/2024).

Guru SDN 2 Krapyak Andarini Hana Rahmawati menyampaikan, aksi tersebut dilakukan untuk melatih kepekaan siswa terhadap lingkungan, agar lebih peduli dan membudayakan untuk membuang sampah dan mengelolanya dengan baik.

‘Kami bersama para siswa melakukan kegiatan outing class atau pembelajaran di luar kelas, dengan aksi bersih-bersih sampah yang berserakan dan menumpuk di sepanjang pesisir Pantai Pelayaran hari ini,” kata Andarini.

Disampaikan, aksi tersebut juga dilakukan dalam rangka implementasi kurikulum merdeka, agar anak lebih bebas dalam mengeksplorasi segala hal. Kegiatan ini juga aksi penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang menjadi bagian integral dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), dan bertujuan memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mempelajari isu-isu penting di sekitar.

“Setiap hari Jumat memang ada kegiatan Jumat bersih, Jumat sehat, ada juga Jumat sosial. Dan pada hari ini, kami laksanakan kegiatan Jumat bersih, dengan membersihkan area Pantai Pelayaran, untuk menumbuhkan kepedulian siswa pada lingkungan, minimal tertanam di hati mereka, membersihkan lingkungan itu penting” beber Andarini.

Ia berharap, siswa lebih peka dan peduli terhadap lingkungan, terutama di lingkungan terkecil mereka, yaitu rumah dan sekolah. Selain itu, Pantai Pelayaran dapat menjadi contoh dalam upaya pelestarian lingkungan, serta menjadikan objek wisata di Jepara yang masih baru ini, sebagai tempat yang bersih dan sehat.

Penulis: Diskominfo Jepara/Asrorur
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait