Resmikan Kantor BPBD Salatiga, Pj Gubernur Jateng Minta Utamakan Kesiapsiagaan Personel

  • 03 Feb
  • bidang ikp
  • No Comments

SALATIGA – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meresmikan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Salatiga, Jumat (2/2/2024).
Gedung seluas 8.000 meter persegi yang dibangun dengan anggaran Rp1,3 miliar itu, berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Gamol, Kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga.
“Jadi pembangunan ini menggunakan dana APBD Kota Salatiga ya. Anggarannya sekitar Rp1,3 miliar pembangunannya,” kata Nana, seusai acara peresmian.
Nana mengatakan, keberadaan kantor baru diharapkan akan semakin mendukung tugasnya dalam penanganan bencana. Personel yang bertugas juga harus berkualitas dan profesional.
Selain itu, lanjut dia, kesiapsiagaan personel juga harus diutamakan, mengingat personel di BPBD Kota Salatiga bisa diperbantukan ke daerah lain bila dibutuhkan.
Ditambahkan, walaupun Kota Salatiga merupakan daerah dengan tingkat kerawanan bencana sedang, namun menjaga kesiapsiagaan adalah keharusan. Sebab, keberadaan BPBD Salatiga memiliki peran sebagai penyangga daerah sekitarnya, yang memiliki tingkat kerawanan yang lebih tinggi.
“Kalau di sini tidak ada bencana, mereka bisa kita perbantukan ke kabupaten-kabupaten lain di sekitar, yang mendapatkan bencana,” kata Nana.
Sementara, Pj Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani menambahkan, BPBD Salatiga memiliki peran penting bagi daerah sekitarnya.
“BPBD di sini sebagai penyangga untuk wilayah-wilayah seperti Boyolali, Kabupaten Semarang, bahkan sampai di Kabupaten Grobogan,” kata dia.
Yasip menyatakan, berkomitmen bila personel BPBD Salatiga diperbantukan untuk daerah lain yang terkena bencana. (Humas Jateng)*ul

Berita Terkait