2023, Pemkab Semarang Selesaikan 859 Paket Pekerjaan Fisik

  • 24 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KABUPATEN SEMARANG – Bupati Semarang Ngesti Nugraha meresmikan penyelesaian berbagai proyek fisik tahun anggaran 2023. Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti di kampung wisata Bergas Lor, Bergas, Selasa (23/1/2024) siang.

Bupati Ngesti Nugraha berharap berbagai bangunan fisik di bidang pendidikan, kesehatan, termasuk perbaikan jalan, dapat membawa manfaat bagi warga.

“Sehingga pembangunan proyek fisik itu dapat meningkatkan kesejahteraan bersama,” tegasnya.

Ngesti menyebut, penanganan perumahan kumuh di Penawangan, Pringapus, dan perbaikan beberapa ruas jalan yang rusak, dapat menyentuh kebutuhan warga secara langsung. Di antara proyek fisik yang diselesaikan adalah revitalisasi kawasan Candi Gedongsongo, Bandungan. Peningkatan mutu tempat wisata andalan itu menghabiskan dana Rp20 miliar yang dikerjakan Kementerian PUPR.

Dalam kesempatan itu dia mengimbau para pimpinan perangkat daerah, untuk mempercepat penyerapan anggaran tahun 2024. Caranya, dengan mengerjakan berbagai paket pekerjaan pada awal tahun. Sehingga, tidak terjadi penumpukan pekerjaan di akhir tahun.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda, Yudinita Artsiani melaporkan, sepanjang 2023, telah dilaksanakan 859 paket kegiatan pekerjaan, dengan dana Rp208,919 miliar. Pekerjaan fisik konstruksi dikelola oleh 22 perangkat daerah. Di antaranya Disnaker, Dishub, DLH, Dispertanikap, RSUD Gondo Suwarno, RSUD Gunawan Mangunkusumo, dan Dinas Pariwisata. Selain dari APBD, pembangunan juga menggunakan dana Bantuan Keuangan Pemprov Jateng dan Pemerintah Pusat.

Penulis : Junaedi

Editor : Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait