Sub-PIN Polio Serentak, Batang Siapkan 2.060 Vial Vaksin 

  • 11 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BATANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Batang menyiapkan 2.060 vial vaksin polio bagi 88 ribu anak usia 0-7 tahun, demi menyukseskan program Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN), pada pertengahan Januari 2024.

 

 

 

Koordinator Imunisasi Puskesmas Batang 1, Anie Nisfulaeli, menuturkan, pihaknya telah melakukan pendataan terhadap anak-anak berusia 0-7 tahun di wilayahnya.

 

 

 

“Sosialisasi sudah kami sampaikan ke posyandu, PAUD, hingga sekolah dasar antara kelas 1 dan 2,” bebernya, saat ditemui di Puskesmas Batang 1, Kamis (11/1/2024).

 

 

 

Lebih lanjut, alokasi vaksin di Puskesmas Batang 1 sebanyak 89 vial dengan target 3.900 anak. Vaksinasi akan dilakukan secara jemput bola di puskesmas, posyandu, dan lembaga pendidikan.

 

 

 

“Karena berbentuk tetes, tidak akan berdampak pada kesehatan (KIPI/kejadian ikutan pascaimunisasi). Nantinya tiap anak akan mendapatkan dua tetes vaksin polio,” ujarnya.

 

 

 

Pelaksana Tugas Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Batang, Ery Saraswanto, menegaskan, program vaksinasi massal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk penanganan terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus polio di Indonesia, akhir tahun lalu.

 

 

 

Menurutnya, kasus polio kembali muncul setelah diketahui ada warga Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang terpapar, usai berkunjung di wilayah Jawa Timur. Terdapat tiga provinsi dijadikan fokus penanganan KLB polio, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

 

“Penyebab munculnya virus tersebut karena penderita belum mendapatkan salah satu vaksin pelengkap serta banyak faktor lainnya,” bebernya, saat ditemui di kantornya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Heri, Kontributor Batang

Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait