Tingkatkan Layanan, Puskesmas Kaloran Miliki Gedung Persalinan

  • 04 Jan
  • yandip prov jateng
  • No Comments

TEMANGGUNG – Masyarakat Temanggung kini dapat menikmati pelayanan persalinan selama 24 jam dari Puskesmas Kaloran, setelah Puskesmas ini miliki gedung baru untuk layanan persalinan.
“Pada awal tahun ini, sudah diresmikan tiga gedung di antaranya PSC 119, Puskesmas Tretep dan Puskesmas Kaloran dengan hasil yang maksimal. Bangunan bagus, penyedia dan konsultannya juga bagus. Dengan hasil sebagus ini, diharapkan nanti dalam pelayanan kepada masyarakat juga optimal,” ujar Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo saat menghadiri tasyakuran peresmian gedung baru persalinan tersebut, Rabu saat menghadiri tasyakuran peresmian gedung baru persalinan tersebut, Rabu (3/1/2023).
Hary Agung Prabowo mengatakan, Puskesmas Kaloran mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp1.975.000.000 untuk pembangunan gedung persalinan tersebut.
“Kita mengeluarkan anggaran untuk kepentingan masyarakat, untuk kepentingan semuanya. Bangunan yang bagus itu mudah-mudahan berjangka panjang, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa terlaksana dengan baik. Kalau gedungnya bagus, pasti pelayanannya juga bagus, kalau hasil bangunannya jelek, ya pasti orangnya juga tidak betah untuk duduk, apalagi mau berobat ke sini,” ujar Hary.
Hary mengingatkan kepada seluruh karyawan Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan, terutama di sisi persalinan, karena Kecamatan Kaloran jauh dari klinik, rumah sakit, maupun tempat pelayanan kesehatan.
“Bidan desa layanannya harus ditingkatkan, karena salah satu indikator pelayanan bidan desa adalah memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Lakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat, sinergi antara bidan desa dengan Puskesmas, supaya bisa melayani masyarakat lebih baik dan optimal,” pungkas Pj bupati.
Kepala Dinkes Intan Pandawangi menambahkan, pembangunan gedung dapat selesai tepat waktu sesuai perencanaan, dimulai tanggal 4 Juli 2023 sampai 12 Desember 2023, sehingga setelah peresmian ini bisa langsung digunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang membutuhkan.
“Kita berharap, gedung ini bisa dipergunakan oleh teman-teman Puskesmas Kaloran dalam melayani persalinan di wilayah Kecamatan Kaloran. Terima kasih juga kepada kontraktor yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Penulis: Tfa;Ds2;Ekp
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait