Bawaslu Kendal Gandeng Puluhan Pegiat Medsos Jadi Relawan Patroli Cyber

  • 13 Dec
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KENDAL – Para pegiat media sosial di Kabupaten Kendal diminta ikut berperan aktif sebagai relawan Patroli Cyber. Yakni, membantu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam mengawasi konten di media sosial, terkait pemberitaan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Pencegahan, Humas, dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Kendal Muhammad Habibi, pada Deklarasi Relawan Patroli Cyber, di Hotel Sae Inn, Selasa (12/12/2023). Menurutnya, pihaknya menggandeng para relawan, agar dapat membantu Bawaslu dalam pengawasan Pemilu 2024.

“Para pegiat medsos ini masuk dalam Gugus Tugas Pengawas Konten Internet di media sosial, yang memiliki peran pengawas partisipatif, dalam pengawasan konten internet pada Pemilu 2024,” jelas Habibi.

Lebih lanjut Habibi mengatakan, para relawan tersebut nantinya juga menyampaikan apa saja yang ditemukan di media sosial, seperti berita hoaks dan kampanye hitam di media sosial. Sehingga diharapkan, berita-berita negatif tersebut bisa ditekan dan tidak berpotensi sebagai pelanggaran Pemilu.

“Relawan akan memberikan laporan kepada Bawaslu jika melihat berita negatif tentang Pemilu di medsos. Mereka juga bisa bertindak langsung, dengan memberikan komentar terhadap berita negatif tersebut, sehingga bisa diredam,” imbuhnya.

Mantan Ketua Bawaslu Jateng sebagai narasumber, Muhammad Fajar Subhi Abdul Kadir Arif menyampaikan, kerja sama dengan para pegiat medsos merupakan hal yang baik, agar Bawaslu lebih intens dalam mengawasi medsos. Sebab menurutnya, medsos memiliki potensi besar untuk menyampaikan informasi, dan juga berpotensi disalahgunakan untuk menyebarluaskan informasi SARA, hoaks, dan kampanye hitam, sehingga harus bisa diminimalisasi.

“Dengan adanya para pegiat medsos yang dilibatkan, nantinya akan memperkuat jejaring kelompok masyarakat yang mau terlibat sebagai pengawas partisipatif, khususnya pengawasan di media sosial,” ujarnya.

Dia berharap, para relawan medsos dapat memberikan informasi kepada masyarakat, agar dapat memanfaatkan medsos secara positif.

Penulis: Diskominfo Kendal/HR
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait