Ratusan Santri Terima Beasiswa dari Baznas Jepara

  • 07 Nov
  • yandip prov jateng
  • No Comments

JEPARA – Sebanyak 200 santri menerima beasiswa sebesar Rp500 ribu per orang dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara.

Ketua Baznas Kabupaten Jepara Sholih menjelaskan, beasiswa yang diserahkan bersumber dari anggaran Baznas Jepara dari program Pekan Peduli Sosial (PPS). Pada PPS ke-14 tahun 2023, pihaknya berhasil mengumpulkan donasi Rp1,041 miliar, yang pemanfatannya 50 persen dikembalikan ke sekolah untuk peserta didik dari keluarga kurang mampu, penghargaan untuk siswa berprestasi, dan kegiatan lainnya.

“Sementara sisanya dikelola oleh Baznas, salah satunya untuk beasiswa sekolah dan kegiatan kemanusiaan,” jelasnya, pada penyerahan beasiswa tersebut, di aula OPD bersama, Senin (6/11/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, selama ini Baznas turut berperan aktif dalam membantu program pemerintah daerah, khususnya di bidang sosial kemasyarakatan. Untuk itu, dia berharap, kepada seluruh perangkat daerah dapat melakukan penambahan besaran zakat bagi para ASN.

Sebab, lanjutnya, saat ini seluruh ASN di lingkungan Pemkab Jepara menyerahkan 2,5 persen gajinya kepada Baznas. Ke depannya, dia berharap tak hanya gaji pokok, namun tambahan penghasilan pegawai (TPP) juga diinfakkan kepada Baznas sebesar 2,5 persen.

“Semoga di tahun depan lebih banyak lagi zakat yang dikumpulkan dan masyarakat yang terbantu. Dengan bergotong royong, kita bisa melalui hal yang sulit menjadi mudah,” kata Edy.

Sebagai informasi, beasiswa diserahkan dalam tiga tahap, tahap I untuk wilayah eks-Kawedanan Jepara, sedangkan untuk eks-Kawedanan Pecangaan dan eks-Kawedanan Bangsri, akan diserahkan minggu depan.

Penulis: Diskominfo Jepara/Reza
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait