Korban Kebakaran Pasar Losari Lor Terima Bantuan Modal Rp2 Juta

  • 24 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BREBES – Sebanyak 36 orang pedagang korban kebakaran Pasar Losari menerima bantuan modal sebesar Rp2 juta per orang, dari Badan Amil Zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Brebes.

 

Penjabat Bupati Brebes, Urip Sihabudin, berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban terdampak musibah kebakaran yang terjadi pada Sabtu (7/10/2023).

 

“Mungkin tidak bisa banyak membantu, tapi setidaknya bisa meringankan beban pedagang, maupun untuk menambah modal yang diberikan pemkab Brebes,” kata Urip usai penyerahan bantuan, di Aula Kantor Kecamatan Losari Brebes, Minggu (22/10/2023).

 

Urip melanjutkan, Laboratorium Forensik Polda Jawa Tengah telah mengevaluasi penyebab terjadinya kebakaran yakni terjadinya korsleting.

 

“Untuk sementara waktu, bapak/Ibu akan kami pindahkan ke tempat yang lebih baik. Yang kita pikirkan bukan hanya pedagang tetapi juga pembeli. Di samping itu, ada dua fungsi pasar yang perlu bapak/Ibu ketahui. Pertama sebagai transaksi jual beli dan yang kedua sebagai interaksi. Maka dari itu, pasar juga harus aman dan juga nyaman,” ajak Urip.

 

Ditambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepala desa serta camat untuk menata ulang pasar yang akan ditempati.

 

Camat Losari Faizin mengatakan, seluruh korban terdampak kebakaran dipindahkan masuk ke dalam Pasar Induk Losari Lor.

 

“Alhamdulillah, semua sudah ditata oleh Kepala Desa Losari Lor sesuai dengan nama dan alamat pedagang. Masing-masing mendapatkan lapak untuk berjualan kembali,” bebernya.

 

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Brebes, Abdul Haris, menyampaikan terima kasih kepada para ASN di Kabupaten Brebes yang telah membayarkan zakatnya kepada Baznas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membantu warga yang membutuhkan, termasuk pedagang Pasar Losari Lor yang terdampak kebakaran.

 

 

Penulis: Suprapto, Kontributor Brebes
Editor: Tn, Diskominfo Jateng

Berita Terkait