Tingkatkan Keterampilan Pemandu Geowisata, Pemkab Wonogiri Gelar Pelatihan

  • 20 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengambil langkah strategis dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan, melalui kegiatan Pelatihan Pemandu Geowisata. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wonogiri itu dilaksanakan selama tiga hari mulai Selasa (17/10/2023) hingga Kamis (19/10/2023), di Golden Resto Wonogiri dan Kompleks Museum Karst, di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri.

Kepala Disporapar Kabupaten Wonogiri, Haryanto mengatakan, salah satu kebutuhan mendasar dalam upaya pengembangan potensi geowisata adalah terpenuhinya kualitas dan kuantitas SDM di bidang kepemanduan.

“Pengembangan geowisata harus dapat memberikan kepuasan dan memberikan pengalaman yang orisinil kepada pengunjung, serta memastikan usaha geowisata dapat berkelanjutan. Sehingga perlu adanya pembinaan sumber daya manusia di bidang kepemanduan geowisata, agar mampu bersaing dengan negara-negara lain,” ujar Haryanto, Kamis (19/20/2023).

Dikatakan, konsep kegiatan pelatihan itu mencakup fungsi koordinasi, perencanaan, dan implementasi pemanduan geowisata, yang memiliki dampak negatif rendah terhadap lingkungan sosial dan budaya.

Haryanto berharap, dengan adanya pelatihan ini, peserta mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan dan melaksanakan pemanduan geowisata, memahami cara menyiapkan dan menyajikan informasi geowisata, memiliki keterampilan dalam kegiatan pemanduan geowisata yang atraktif dan orisinil, serta pengembangan ekonomi kreatif di bidang geowisata.

Dikatakan, peserta pelatihan pemandu geowisata tahun ini berjumlah 45 orang yang berasal dari berbagai desa di kawasan Geopark Wonogiri, yang telah memahami atau menguasai lokasi di daerahnya.

Sedangkan yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua Pemandu Geowisata Indonesia Nasional, Deni Sugandi, General Manager Gunung Sewu Unesco Global Geopark, Budi Martono, Unsur dari Cabang Dinas ESDM Prov Jateng Wilayah Sewu Lawu, dan unsur Himpunan Pramuwisata Indonesia.

Penulis : SIKP_kominfowng
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait