Jalan Beton Buatan TMMD Sengkuyung Permudah Perniagaan Warga

  • 20 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KABUPATEN SEMARANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III 2023 di Kabupaten Semarang berhasil menyelesaikan betonisasi jalan sepanjang 523,8 meter, di Dusun Ketangi, Desa Genting, Kecamatan Jambu.

Warga sekitar, Ahmad Riyadi (38) mengaku senang, karena betonisasi jalan rampung. Jalan itu mempermudah warga menjual hasil kebun, terutama kopi.

“Jalan beton ini menghubungkan Kalitangi dengan wilayah Desa Kebondalem,” terangnya, saat ditemui, Kamis (19/10/2023).

Dandim 0714 Letkol Inf Ade Pribadi Siregar menyampaikan, sebelum dibeton, jalan strategis itu berupa jalan makadam. Sekarang, warga dengan mudah dan cepat melalui jalan itu, untuk memperlancar perniagaan.

Dia berharap, warga dapat merawat jalan beton itu dengan baik. Sehingga, dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

Ditegaskan, TMMD ditujukan untuk membantu percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah terpencil.

“Sehingga, kami berharap manfaat kegiatan dapat dirasakan oleh warga yang tinggal di wilayah pedesaan. Sekaligus, meningkatkan kesejahteraan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha, menyampaikan apresiasi kepada personel Kodim 0714, Polres Semarang, aparatur Pemkab Semarang, dan warga yang telah bergotong royong menyukseskan TMMD.

“Kemanunggalan TNI dan rakyat bersama Polri ini wujud kebersamaan untuk menjaga persatuan dan situasi daerah tetap kondusif,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III kali ini menghabiskan dana Rp312.211.200, yang berasal dari APBD Jateng dan Pemkab Semarang. Selain itu, juga bantuan Baznas Kabupaten Semarang.

Selain pembangunan fisik, kegiatan yang berlangsung selama sebulan itu juga memberikan penyuluhan KB dan kesehatan, serta bahaya narkoba. Adapula penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban, serta pelayanan administrasi kependudukan.

Di Kabupaten Jepara, TMMD Sengkuyung III juga berhasil melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Desa Suwawal, di antaranya pengecoran jalan, pembuatan gorong-gorong, pembangunan talud, jembatan, pos kamling, rehab musala, dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH).

Selain sasaran fisik, juga dilakukan penyuluhan, seperti kesadaran bela negara, hukum dan Kamtibmas, etika budaya politik, kesehatan, pertanian, pendidikan, wawasan kebangsaan, narkoba, keagamaan, KB kesehatan, lingkungan hidup. Tidak hanya itu, pelayanan publik dan kependudukan, ketahanan pangan, penanganan stunting, Posyandu, Posbindu, dan kegiatan bakti sosial juga disampaikan kepada masyarakat.

Dandim 0719/Jepara melalui Danramil 12 /Donorojo Kapten Infanteri Tri Yuli berharap, program TMMD dapat dijadikan sebagai momentum yang tepat, untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong seluruh komponen bangsa.

“Sekaligus, untuk mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya, pada penutupan program TMMD tersebut, di Lapangan DesaSuwawal, Kecamatan Mlonggo, Kamis (19/10/2023).

Penulis: Junaedi, Diskominfo Kab Semarang/Diskominfo Jepara, STY
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait