Kejar Target, Batang Intensifkan Perekaman KTP-el Pemilih Pemula

  • 09 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

BATANG – Terhitung empat bulan jelan Pemilu Serentak 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang mengintensifkan pelayanan perekaman foto KTP-Elektronik, khusus bagi pemilih pemula, yakni pelajar berusia 16 tahun. Bahkan, selama Oktober 2023, perekaman KTP-el dapat dilakukan di mal pelayanan publik (MPP) Batang.

 

Anggota Tim Perekaman KTP-El Disdukcapil Batang, Irham mengatakan, layanan perekaman dibuka setiap hari di Kantor Disdukcapil, kantor kecamatan, dan sejumlah lembaga pendidikan. Targetnya, sebanyak 11 ribu orang calon pemilih pemula di Batang yang belum memiliki KTP-El bisa merekam datanya, sebelum gelaran pesta demokrasi, pada 14 Februari 2024 mendatang.

 

“Setiap hari kami melakukan perekaman. Khusus hari minggu, kami membuka pelayanan di kantor, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Selama Agustus hingga September sudah ada 3 ribu calon pemilih pemula yang telah melakukan perekaman KTP-El, 8 ribu sisanya masih dalam proses,” ungkapnya, saat ditemui, di ruang kerjanya, Senin (9/10/2023).

 

Operator Sistem Informasi Administrasi dan Kependudukan (SIAK), Tri Asih mengutarakan,
selama Oktober, MPP menjadi sentral pelayanan perekaman khusus bagi calon pemilih pemula yang bertempat tinggal di Kecamatan Batang.

 

Lebih lanjut, sebanyak 1.800 calon pemilih pemula di Kecamatan Batang belum melakukan perekaman KTP-El.

 

“Hari kamis ada 50 (orang) calon pemilih pemula dari Desa Kalipucang Wetan, (Kalipucang) Kulon, serta Karanganyar, yang melakukan perekaman di sini,” terangnya.

 

Penulis: Heri, Kontributor Batang
Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait