Respon Cepat, Tirta Perwitasari Purworejo Peringkat III Perumdam Kecil BUMD Award 2023

  • 01 Oct
  • yandip prov jateng
  • No Comments

PURWOREJO – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo, meraih predikat Peringkat III, kategori Perumdam Kecil, pada penghargaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Award 2023. Penghargaan diraih atas konsistensi dalam memberikan respon cepat kepada pelanggan, sebagai bagian dari pelayanan yang maksimal.

 

Ajang Penganugerahan bagi BUMD se-Indonesia itu digelar oleh Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta, Jumat (29/9/2023).

 

Direktur Perumda Tirta Perwitasasi, Hermawan Wahyu Utomo, menjelaskan beberapa keunggulan yang dimiliki Perumdam Purworejo, antara lain program yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti bantuan bagi daerah rawan air bersih dan pemberian subsidi pada masyarakat miskin saat pandemi Covid-19. Selain itu, kinerja BUMD pada tahun 2022 yang telah diaudit, adanya sumbangsih deviden ke Pemkab Purworejo sebesar Rp2,1 milyar, penerapan tata kelola perusahaan yang baik melalui penyusunan rencana bisnis, sesuai dengan Permendagri 118/2018 dan BPSPAM.

 

“Kepuasan pelanggan diutamakan dengan fast respons terhadap keluhan pelanggan dan permasalahan yang terjadi, serta membuka layanan pengaduan secara resmi melalui website resmi,” paparnya.

 

Lebih lanjut, inovasi dan sinergi dengan aplikasi Sapa Purworejo, sehingga pelanggan dan masyarakat luas bisa melihat bentuk layanan yang diberikan, termasuk fitur tagihan dan penyampaian keluhan pelanggan.

 

“Kami juga aktif berkomunikasi dengan semua stakeholders terutama yang membidangi air minum seperti DinPUPR dan Bappedalitbang, untuk bisa mengakses program hibah air minum yang disediakan, melalui APBD provinsi, maupun APBN, serta lembaga donor Australia Indonesia (KIAT),” jelasnya.

 

Ditemui usai acara, Wakil Bupati (Wabup) Purworejo, Yuli Hastuti, mengatakan, penghargaan tersebut menjadi motivasi dan penyemangat bagi Pemkab Purworejo untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan.

 

“Semoga dengan penghargaan yang luar biasa ini akan memotivasi BUMD lain yang dimiliki Kabupaten Purworejo, untuk semakin maju dan berkembang,” katanya.

 

Senada, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Purworejo, Anggit Wahyu Nugroho, menambahkan, seluruh BUMD mempunyai peran strategis untuk mendukung visi Purworejo Berdaya Saing, melalui fungsi utama BUMD, baik sebagai penyelenggara layanan publik, maupun sebagai sumber pendapatan daerah bagi Pemerintah Kabupaten Purworejo.

 

Anggit mengingatkan, BUMD juga harus menerapkan Nilai-nilai (National Core Values) ASN, yakni Berorientasi pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (BerAKHLAK).

 

“Pembinaan yang dilakukan secara intensif kepada BUMD oleh Bagian Perekonomian dan SDA merupakan upaya untuk terus menjaga Core Values dan Core Purpose BUMD, meskipun terjadi perubahan-perubahan dalam praktik-praktik operasi perusahaan, tujuan-tujuan spesifik dan strategi.” katanya.

 

Penulis: Neira, Prokopim Purworejo
Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng

Berita Terkait