Targetkan Perolehan Rp1,38 M, PMI Boyolali Gencarkan Sosialisasi Bulan Dana

  • 30 Aug
  • yandip prov jateng
  • No Comments

 

BOYOLALI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Boyolali menyelenggarakan Sosialisasi Sumbangan Kemanusiaan Bulan Dana PMI Tahun 2023. Kegiatan itu digelar di salah satu rumah makan kawasan Kompleks Perkantoran Terpadu Kabupaten Boyolali, di Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Selasa (29/8/2023).

Ketua PMI Kabupaten Boyolali, Sunarno mengatakan, penyelenggaraan Sumbangan Kemanusiaan Bulan Dana PMI Kabupaten Boyolali Tahun 2023, untuk menggalang sumbangan dana dari masyarakat secara sukarela, yang sah menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Waktu penyelenggaraan Bulan Dana PMI selama tiga bulan, yakni 1 Agustus -1 November 2023.

Ditambahkan, sasaran Bulan Dana PMI antara lain kepala keluarga, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, siswa sekolah, wajib pajak kendaraan, pencari Surat Izin Mengemudi (SIM), pemohon sertifikat tanah, dan lainnya.

“Dari bulan dana tahun 2023 ini kita targetkan lebih dari tahun sebelumnya. Jadi tahun sebelumnya ini Rp1.240.000.000, yang sekarang ini (ditargetkan) Rp1.380.000.000,” ungkapnya.

Sunarno membeberkan, dari target Bulan Dana PMI Kabupaten Boyolali Tahun 2022 sebesar Rp1.240.000.000, dapat terealisasi sebesar Rp1.538.546.700 atau sekitar 124,08 persen.

Perolehan Bulan Dana PMI telah dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk bantuan bencana alam, pelayanan kesehatan dan sosial, pembinaan dan pelatihan relawan dan pengembangan organisasi. Seperti bantuan dan respon tanggap darurat bencana hydrometrologi, mobilisasi relawan ke wilayah bencana daerah lain, bantuan rehab rumah tidak layak huni, promosi dan pencegahan Covid-19, promosi dan pencegahan PMK, pengembangan organisasi PMI, pendidikan dan pelatihan relawan, serta masih banyak kegiatan lain.

“Dana itu sudah kita pergunakan, tentunya untuk menunjang visi misi Pemerintah Kabupaten Boyolali, terutama di bidang sosial dan kebencanaan,” katanya.

Bupati Boyolali, M Said Hidayat berharap, dengan adanya Bulan Dana PMI Kabupaten Boyolali Tahun 2023, target capaian dapat terpenuhi.

“Syukur-syukur melampaui target tahun lalu. Maka ini butuh kebersamaan, agar kita semua konsentrasikan pikiran kita untuk menggalang bulan dana PMI di tahun 2023 karena ini penting untuk urusan kemanusiaan,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada 2023, Ketua Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Boyolali, Andhie Fajar Arianto ditetapkan menjadi Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Boyolali Tahun 2023.

Penulis: Diskominfo Kabupaten Boyolali
Editor: WH/DiskominfoJtg

Berita Terkait