Ganjar Semangati Kontingen Pornas Korpri Jateng, Mantan Atlet Nasional Ikut Perkuat

  • 11 Jul
  • bidang ikp
  • No Comments

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak henti-hentinya menyemangati tim Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri Jateng, agar bisa meraih juara pada even Pornas Korpri XVI yang berlangsung di Kota Semarang. Sejumlah mantan atlet nasional siap memperkuat tim Jateng.

“Tentu saja kompetisi akan dilakukan, maka fairness-nya menjadi penting. Saya doakan kawan-kawan bertandingnya sportif, hasilnya bagus, dan jadi juara,” ujar Ganjar, saat melepas kontingen Jawa Tengah di GOR Jatidiri, Semarang, Selasa (11/7/2023).

Ditambahkan, kontingen Jawa Tengah berjumlah 186 orang, terdiri 176 orang atlet dan pelatih, serta 10 orang ofisial. Mereka akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. Di antara ratusan atlet Jawa Tengah terdapat nama Sekda Jateng Sumarno, yang tergabung sebagai atlet sepeda.

Di antara mantan atlet nasional yang memperkuat Jateng adalah Muhammad Isman Thoyib merupakan atlet basket, dan Ajeng Anindya Prasalita mantan atlet sepatu roda nasional, yang kini jadi atlet balap sepeda Jateng.

Pornas Korpri XVI Tahun 2023, terang Ganjar, digelar di Jawa Tengah pada 13-21 Juli mendatang, dan akan mempertandingkan 10 cabang olahraga dan memperebutkan 54 medali emas, 54 medali perak, dan 71 medali perunggu.  Sebagai tuan rumah, Ganjar berpesan agar panitia memberikan pelayan terbaik kepada seluruh kontingen.

“Saya pesan kepada mereka, kita menjadi tuan rumah, tolong dilayani dengan baik. Sehingga sebagai tuan rumah, tentu saja pasti akan banyak harapan layanan. Karena kawan-kawan sudah biasa melayani masyarakat, yuk tunjukkan sekarang kita melayani teman-teman sehingga kita bisa menunjukkan kualitas layanan yang the best,” katanya.

Sebagai informasi, Pornas Korpri XVI diikuti 100 kontingen yang berasal dari 36 provinsi seluruh Indonesia, 27 kementerian, dan 37 lembaga RI. Total, ada sebanyak 4.527 orang atlet yang sudah terdaftar, 564 orang pelatih, dan 671 orang ofisial.

Lokasi semua pertandingan dilakukan di Kota Semarang. Seperti Tri Lomba Juang, GOR USM, GOR Jatidiri dan Kertanegara, Velodrome Diponegoro, Gedung Grhadhika Bhakti Praja, Museum Ranggawarsita, Undip Tembalang, dan GOR Sahabat.

Atlet basket Muhammad Isman Thoyib mengatakan, dalam event ini dirinya amat termotivasi meraih prestasi. Apalagi dia merupakan mantan pemain nasional, yang tentunya ingin mempersembahkan prestasi terbaik untuk Jateng.

“Motivasi untuk diri saya pribadi sebagai mantan pemain basket nasional, di sini basket baru pertama kali dipertandingkan, saya pasti ingin membawa nama Jateng terbaik. Kalau bisa, juara,” kata dia, ditemui di lokasi kegiatan.

Peraih medali perak SEA Games 2007 di Thailand ini berharap, kontingen Jateng bisa menjadi juara. Kendati diakuinya, ada sejumlah kontingen lain seperti Kemenpora, Provinsi Bali, DKI Jakarta, Jabar, yang sama-sama kuat, mengingat ada beberapa mantan pemain nasional yang terlibat.

“Target tidak muluk-muluk, hanya tiap game harus menang. Kalau tiap game menang, nanti Insyaallah juara, hasil terbaik,” harap pria kelahiran Kabupaten Klaten ini.

Ajeng Anindya Prasalita mantan atlet sepatu roda nasional mengatakan, pada event ini dia jadi atlet balap sepeda Jateng. Dia optimistis akan bisa meraih juara karena latihan keras yang terus dilakukannya.

“Event Pornas Korpri olahraganya atlet Korpri, mari semangat,” kata Ajeng.

Diakui, dia belum mengetahui peta kekuatan lawan. Namun tidak sedikit dari kontingen merupakan atlet-atlet besar Indonesia, sehingga dia tidak bisa menilai kontingen mana yang jadi lawan berat. Yang bisa dilakukan, yaitu bertanding secara maksimal. (Ak/Ul, Diskominfo Jateng)

 

Berita Terkait