Pemkab Kudus Hibahkan Kasur untuk RPSDM Muria Jaya

  • 07 Jul
  • yandip prov jateng
  • No Comments

KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus menghibahkan 70 unit kasur kepada Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental (RPSDM) Muria Jaya di Desa Ngembalrejo, Kamis (6/7/2023).

Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, sebanyak 70 unit kasur tersebut dibeli tahun lalu, untuk penanganan isolasi di masa pandemi Covid-19.

“Meskipun bekas dari tempat isolasi Covid, namun kasur ini masih sangat baru dan layak. Bahkan, banyak yang belum digunakan untuk isolasi,” jelas bupati, usai menyerahkan bantuan tersebut.

Disampaikan, Pemkab Kudus melalui Dinsos P3AP2KB telah mengalokasikan anggaran untuk pemberian hibah paket kasur. Namun dikarenakan adanya beberapa mekanisme yang harus dilalui dan membutuhkan waktu, maka pemberian kasur bekas isolasi Covid-19 pun menjadi alternatif saat ini.

“Sebenarnya jika kita anggarkan harus menunggu di perubahan, kelamaan kan kasihan. Akhirnya, kita hibahkan kasur bekas isolasi dulu. Yang penting, mereka bisa istirahat dengan nyaman,” imbuhnya.

Terkait kondisi para pasien, bupati meminta pihak terkait untuk berkoordinasi dengan keluarga pasien yang telah dinyatakan sembuh, untuk bisa dikembalikan agar dapat berkumpul bersama keluarga masing-masing, baik yang ada di dalam daerah maupun luar daerah.

“Pasien ini berasal dari berbagai daerah. Saya minta yang sudah dinyatakan sembuh bisa koordinasikan pada keluarganya untuk dipulangkan saja,” pintanya.

Kepala Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Sensorik Netra (PPSDSN) Pendowo Kudus, Sundarwati memyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kudus, yang telah memberikan perhatian pada masyarakat berkebutuhan khusus.

Disampaikan, saat ini terdapat 74 pasien yang sedang menjalani rehabilitasi mental, baik laki-laki maupun perempuan dari dalam maupun luar daerah. Yang telah berhasil dipulangkan dan dinyatakan sembuh sebanyak 16 pasien.

“Sebanyak 20 persen pasien dari luar daerah. Penyebabnya bermacam-macam, mulai masalah ekonomi hingga KDRT,” katanya.

Penulis: Kontributor Kab Kudus
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait