16 Pramuka Penggalang Kontingen LT-V Jateng Siap Teruskan Tradisi Juara

  • 16 Jun
  • bidang ikp
  • No Comments

16 Pramuka Penggalang Kontingen LT-V Jateng Siap Teruskan Tradisi Juara
SEMARANG – Sebanyak 16 orang pramuka penggalang asal Jateng mengikuti Lomba Tingkat 5 (LT-V) di Buperta Cibubur, 17-23 Juni 2023. Dilepas langsung oleh Wakil Ketua Kwarda Jateng Sujarwanto Dwi Atmoko, mereka memanggul amanah meneruskan tradisi juara yang pernah direngkuh 2017 lalu.
Sujarwanto mengatakan, kontingen yang dilepas dari kediaman Gubernur Jateng Puri Gedeh, Kamis (15/6/2023) malam, akan langsung bertolak ke Cibubur. Ia menyebut kontingen diwakili dua daerah yang telah memenangi tahapan lomba di tingkat Gudep, Ranting, Kwarcab hingga Kwarda.
Regu penggalang putri diwakili delapqn orang dari Madrasah Matholibul Huda Jepara. Sementara, regu penggalang putra diwakili delapan orang dari SMP Negeri 18 Kota Semarang.
“Mereka terpilih dari yang terbaik, setelah juara di LT-IV, masuk training camp, insyaallah siap membanggakan,” ujarnya.
Di Buperta Cibubur, kontingen Jateng akan mengikuti berbagai lomba. Mulai dari memanah, renang, scouting skill hingga robotik. Berbagai lomba itu menurut Sujarwanto bisa berguna sebagai keterampilan ketika telah dewasa.
Selain itu, ajang seperti ini diharapkan menggembleng mental pramuka, agar bisa bergaul dengan banyak karakter. Hal itu nantinya akan bisa menumbuhkan jiwa kebhinekaan dan cinta tanah air.
“Kita harapannya bisa masuk ke World Jambore, dan itu tingkat dunia,” imbuhnya.
Ketua Regu Penggalang Putri asal Jepara Rahma Putri Aqilla mengaku, telah mempersiapkan tim selama empat bulan. Adapun lomba keterampilan diri yang akan diikuti di antaranya panjat dinding, renang, hingga memanah.
Hal serupa diungkapkan Ketua Regu Penggalang Putra Esha Muhammad Rifki. Ia mengaku bersemangat mengikuti LT-V.
“Kami ingin membanggakan Jateng dan Kota Semarang,” pungkas Esha. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

Berita Terkait