Atasi Banjir, Pemkab Rembang Lakukan Pengerukan Sungai Randugunting

  • 09 Nov
  • yandip prov jateng
  • No Comments

REMBANG – Untuk mencegah terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Sumber dan Kaliori, pengerukan atau normalisasi Sungai Randugunting yang melintasi wilayah Kecamatan Sumber dan Kaliori mulai dilakukan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang Fahrudin kepada awak media, Rabu (9/11/2022). Terkait berapa panjang yang dinormalisasi, sekda menuturkan normalisasi dilakukan secara bertahap, dimulai dari hulu.

“Iya besok dimulai pengerukan, kalau kilometernya nanti dilakukan bertahap. Tapi yang jelas dari hulu,” tutur sekda.

Selain normalisasi, lanjutnya, juga akan dilakukan penanaman pohon atau penghijauan di banyak titik.

“Apa yang menyebabkan sedimentasi, yang jelas penghijauan harus dilakukan. Kita lakukan dari hulu, dari desa Krikilan ke atas, Kedungsapen ke bawah. Tapi yang sifatnya paling urgent atau penting, kita dahulukan,” ungkapnya.

Kepala BBWS Pemali Juwana Muhammad Adek Rizaldi menyampaikan, penanganan atau pencegahan banjir di wilayah Kecamatan Sumber dan Kaliori ini harus dilakukan secara komprehensif.

“Kita mencari akar masalahnya, ini kenapa begitu datang hujan sungai-sungai kita sudah tidak mampu menampung debit air, makanya meluap, banjir. Itu karena sungai-sungai kita ini sudah penuh sedimentasi,” ungkapnya.

Menurutnya, sejumlah penyebab adanya sedimentasi, di antaranya aktivitas di hulu, seperti alih fungsi lahan atau penebangan pohon, juga karena rusaknya daerah aliran sungai (DAS).

“Kalau penanganan jangka pendek kita akan lakukan normalisasi. Sedangkan jangka menengah dan panjang nanti, Pak Bupati akan membuat program-program untuk mencegah adanya sedimentasi sungai,” tandasnya.

Penulis: Mifta, Kominfo Rembang
Editor: Di, Diskominfo Jateng

Berita Terkait