SANTAPAN KULINER PAGI "LENTOG TANJUNG" KUDUS

Kam, 30/06/2016 - 14:28 -- budparjtg

Kudus adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang sering juga disebut sebagai Kota Kretek (kota pembuat rokok). Jika anda berkunjung ke Kota Kudus, jangan lupa untuk mencicipi kuliner asli daerah ini yakni “Lentog Tanjung”. Nama lentog sendiri diambil dari kata pulen dan montog, yang menggambarkan rasa dan bentuk dari lontong yang di gunakan pada Lentog Tanjung ini. Sedangkan kata tanjung adalah nama sebuah desa di Kudus bernama “Tanjung Karang” yang merupakan daerah asal dari lentog itu sendiri.

Dibuat dari campuran lontong, sayur nangka, dan sayur tahu. Dan untuk penyajiannya, lontong di potong kecil – kecil, kemudian di siram dengan sayur nangka muda dan sayur tahu. Untuk menu pelengkapnya bisa di tambahkan sate telur, irisan bakwan dan kerupuk. Makanan ini biasanya di sajikan di atas piring kecil yang sudah dialasi daun pisang. Untuk menambah cita rasa biasanya di taburkan bawang goreng.

Lentog Tanjung memiliki cita rasa yang sangat khas. Rasa gurih dari sayur yang di padukan dengan tekstur lontong yang padat dan pulen membuat sensasi dan cita rasa tersendiri pada Lentog Tanjung ini. Kuliner ini hanya bisa di jumpai dipagi hari saja, dikarenakan makanan ini memang hanya di jual dipagi hari saja.

Kuliner pagi ini bisa anda temukan hampir di setiap tempat di Kudus. Salah satu tempat yang terkenal adalah di daerah Tanjung Karang. Disana banyak warung makan yang menyediakan menu Lentog Tanjung ini. Bagi anda yang berkunjung ke Kudus, Jawa tengah, maka belum lengkap rasanya bila belum menikmati Lentog Tanjung ini. (gtg)