Nikmatnya Kulier Nasi Grombyang Pemalang

Jum, 09/12/2016 - 08:51 -- kominfojtg-2

PEMALANG - Dalam Rangka Diseminasi Informasi Dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang pada Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah Melalui Media Massa, Media Center Kominfo Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Peliputan Media Relations untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pemalang. Dari segi kuliner ada Nasi Grombyang Khas Pemalang yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung atau singgah di Kabupaten Pemalang.

Nama Nasi 'Grombyang' diambil dari bentuk penyajiannya yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang (bahasa jawa: grombyang-grombyang) yang artinya bergoyang-goyang. Penyajian Nasi Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan sate kerbau. Ciri khas lainnya dari nasi grombyang terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah dan pembeli menikmati hidangan dengan duduk di kursi kecil pendek (dingklik).

Di Kabupaten Pemalang kita dapat dengan mudah menemui pedagang nasi grombyang pada malam hari di Jl. R.E Martadinata atau tepatnya di sebelah utara Alun-Alun Kabupaten Pemalang. Di sepanjang jalan tersebut terdapat beberapa pedagang nasi grombyang dengan rasa yang enak dan harga yang terjangkau sekitar Rp 12.000/porsi. Salah satu tempat yang terkenal adalah Nasi Grombyang H. Warso.(F)

(Media Center Kominfo Jateng)