Mangga ‘Istana’ Kabupaten Pemalang

Jum, 09/12/2016 - 08:50 -- kominfojtg-2

PEMALANG – Dalam Rangka Diseminasi Informasi Dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang pada Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah Melalui Media Massa, Media Center Kominfo Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Peliputan Media Relations untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pemalang. Salah satu potensi yang menarik untuk diangkat yaitu Mangga Istana Khas Pemalang.

Desa penghasil Mangga Istana terletak di Dusun Limbangan RT 08/02, Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Di Desa Penggarit terdapat Kelompok Petani Mangga UD. A.H Jaya yang diketuai oleh H. Darmanto. Selain sebagai Ketua Kelompok Petani Mangga, H. Darmanto juga menjadi pengepul mangga di Desa Penggarit dikarenakan warga desa yang lain masih kesulitan untuk menjual hasil panen mangganya. Beliau juga menunjukan perkebunan Mangga Istana di Desa Penggarit. Terdapat sekitar 7000 pohon Mangga Istana yang ditanam di Desa Penggarit ini.

H. Darmanto juga menunjukan cara unik untuk menikmati Mangga Istana yaitu dengan dipotong melingkar pada bagian tengah mangga dengan pisau, lalu putar buah mangga dan buka menjadi dua bagian (seperti mengupas alpukat), dan nikmati dengan menggunakan sendok sehingga tangan tidak kotor dan lengket.

Pada bulan November telah dilaksanakan Festival Mangga Pemalang 2016 yang dilaksanakan di Lapangan Desa Penggarit, selain memamerkan keunggulan Mangga Istana, festival Mangga ini tercatat di Rekor Muri untuk kategori makan mangga dengan peserta terbanyak sejumlah 1.386 orang.(F)

(Media Center Kominfo Jateng)