4 UMBUL YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI KLATEN

Kam, 08/12/2016 - 13:27 -- budparjtg

Klaten sangat terkenal dengan banyaknya sumber mata air. Klaten kurang lebih memiliki 191 mata air, yang tersebar di 17 kecamatan di Klaten. Sumber mata air ini banyak dimanfaatkan oleh hotel maupun perusahaan air minum kemasan. Namun sekarang lokasi – lokasi mata air tersebut dimanfaatkan menjadi objek wisata di klaten.

Berikut 4 umbul yang wajib dikunjungi di klaten :

UMBUL PONGGOK
Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata yang sekarang sedang ramai dikunjungi wisatawan . Nama obyek wisata ini terdiri dari dua kata, umbul yang berarti mata air, dan ponggok adalah nama sebuah desa. Jadi jika diartikan secara langsung mempunyai arti mata air yang ada di desa ponggok. Lokasi Umbul Ponggok berada di jalan Ponggok – Polanharjo, Klaten.

Umbul Ponggok merupakan mata air yang dijadikan kolam besar yang dapat dijadikan tempat berenang dan snorkling. Di Umbul Ponggok juga terdapat penyewaan alat – alat snorkling. Seperti snorkling pada umumnya, di umbul ponggok juga kita dapat melihat keindahan ikan. Tentunya ikan yang ada di umbul ponggok adalah ikan tawar. Selain itu juga ditempatkan batu dan pasir didasar kolam yang menambah keindahan.

Snorkling di Umbul Ponggok jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkling di lautan. Karena umbul ponggok ini adalah sebuah sumber mata air alami yang begitu segar dan sangat jernih. Dan juga, tidak ada arus atau ombak sama sekali di Kolam alami Umbul Ponggok ini.

UMBUL COKRO
Umbul Cokro, terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Kawasan wisata Umbul Cokro yang dikenal dengan sebutan mata air cokro, tidak hanya memiliki kolam mata air yang jernih saja tetapi juga memiliki udara yang sejuk. Rimbunnya pepohonan yang mengelilingi kolam ini serta gemercik air yang mengalir deras dari Sungai Cokro, menambah daya tarik tempat wisata umbul cokro.

Berkunjung ke tempat wisata umbul cokro, kita akan melewati jembatan gantung yang cukup panjang untuk melintasi sungai besar yang ada di bawahnya.

UMBUL KAPILALER
Umbul Kapilaler, terletak di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Kapilaler merupakan mata air yang tidak begitu besar, namun airnya sangat jernih dengan dasar berupa bebatuan dan pasir. Umbul Kapilaler ini dibawah pohon beringin yang besar dan rindang, yang akan menambah suasana di umbul kapilaler menjadi sejuk.

Umbul kapilaler dulunya adalah tempat pemandian khusus wanita yang biasa disebut umbul wedok (wanita), sedangkan untuk pemandian khusus laki – laki disebut umbul lanang (laki – laki) yang biasa disebut umbul sigedang yang berada disebalah umbul kapilaler. Namun sekarang semua orang dapat mandi di umbul kapilaler.

UMBUL NILO
Umbul Nilo, terletak di Desa Tulung. Konon katanya, Umbul yang satu ini memiliki kualitas air yang paling bersih dibanding semuanya. Namun pastinya semua umbul di Klaten pasti airnya jernih. Karena sangat jernihnya umbul nilo, sampai batu – batuan koral yang ada di dasar kolam terlihat dengan jelas. Di kolam umbul nilo juga terdapat ikan nila. (pof)