Kota Tegal

Kota Tegal dengan luas wilayah 3.850 ha berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal, terletak pada posisi antara 6º  50?  – 6º 53?   Litang Selatan dan 109º  08?  – 109º  10´  Bujur Timur. Kota Tegal  posisinya sangat strategis di jalur Pantura yang menghubungkan kota-kota besar di Jawa bagian utara. Daya tarik wisata yang dapat dikunjungi di Kota Tegal iyalah Taman Rekreasi Pantai Alam Indah  dan Kolam Renang Samudra.
 
Taman Rekreasi Alam Indah
Pantai Alam Indah (PAI) adalah salah satu objek wisata pantai di Tegal yang terletak di sisi utara Kota Tegal. Keberadaan objek wisata PAI di Tegal memberikan warna tersendiri yang melekat bersama semboyan Tegal Bahari. Sekilas tentang penampilan PAI dulu, PAI merupakan pantai berpasir yang cukup landai, letaknya bersebelahan dengan pelabuhan lama Tegal. PAI dilengkapi anjungan untuk melihat laut lebih dekat.
 
PAI bersolek. berhiaskan Monumen Bahari yang diletakkan tepat setelah pintu masuk. Sekarang, untuk wahana bermain sekaligus belajar.Monumen Bahari ini diharapkan memperkaya pengetahuan masyarakat Tegal khususnya tentang kebaharian. Selama ini, pemandangan yang disuguhkan di PAI hanya sebatas mercusuar tua dengan kapal-kapal nelayan di pelabuhan lama. Sekarang, begitu masuk ke pelataran PAI, pengunjung akan disambut tank MARINIR, kemudian repelika kapal berikut jangkarnya, pesawat tempur, dan beberapa peralatan TNI lainnya. Selain itu, di sisi timur, telah dibangun wahana permainan air dengan ember tumpah yang berbentuk poci, poci Tegal pastinya. Wahana ini kental sekali dengan nuansa pantai Tegal, selain ember tumpah berbentuk poci, juga terdapat bangunan dengan dinding menyerupai cangkang kerang laut, tentu saja dalam wujud yang besar.
 
Keunikan Seni Budaya
Sedekah laut, suatu tradisi para nelayan Tegal dengan melarung kapal-kapalan yang dihiasi aneka dekorasi ke laut, sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Y.M.E. dengan upacara Larung Ancak ke Laut Jawa. Kegiatan ini menjadi acara tahunan terutama di bulan Agustus. Di waktu yang berbeda, warga keturunan Tionghoa juga menggelar upacara Pek Cun ( Kelautan ). Upacara ini menjadi menarik karena kesan etnik dan sakral sehingga menjadi upacara yang berbeda dengan daerah lain.
 
Tari Topeng Endel, Banyak sekali ragam topeng di Nusantara. Salah satunya topeng gaya Tegal yang memiliki banyak bentuk. Ada enam raga gaya Tegal, diantaranya topeng Endel, Kresna, Panji, Patihan, Lanyapan Alus, dan Kelana. Topeng Endel Adalah bentuk topeng wanita dengan kostum endel yang mirip penari Gambyong. Tariannya diiringi gending lancaran ombak banyu laras slendro manyuro. Topeng Kresna bermuka merah jambu dan berambut. Gending pengiringnya adalah lancaran lelenderan naik lancaran praliman. Topeng Panji bermuka menunduk (luruh). Mukanya berwarna putih, berambut mirip tokoh Arjuna. Gending pengiringnya adalah lancaran gunung sari laras slendro patet nem. Sedangkan, topeng Patihan memiliki mata terbuka lebar, mewakili tokoh Setiati dan Patihan Jawa, berwarna merah tua. Gending pengiringnya, lancaran blendrang laras slendro patet manyuro. Sementara topeng Lanyapan Alus memiliki bentuk muka menunduk (temungkul) dan berkumis. Warna muka kuning gading, mirip tokoh Bambangan dalam warna kulit purwa. Gending pengiring tari topeng ini adalah lancaran lagon semarangan laras slendro patet nem. Terakhir, topeng Kelana bermata terbuka lebar, hidung menengadah ke atas dan panjang, mulut dan gigi terbuka, bertaring pendek dengan warna muka merah tua, mirip dengan tokoh Dasamuka. Gending pengiringnya, lancaran gonjing truntung laras slendro patet manyuro. Terdapat pula bentuk topeng tambahan yakni Punakawan dan topeng Kelana Yaksa serta beberapa tokoh yang disesuaikan dengan kebutuhan cerita.
 
Kuliner
  • Kupat glabed dan sate kerang, kupat yang diberi kuah glabet berwarna kuning dan kental, ditaburi krupuk mi dan bawang goring. Sebagai luknya sate kerang atau sate ayam.
  • Nasi lengko, nasi yang diberi irisan tahu, timun, tauge, kerupuk dan sambal kacang.
  • Tahu aci, yaitu tahu yang berisi campuran aci dengan aroma ikan.
  • Kacang klitik, yaitu tunas kacang hijau yang digoreng dan diberi bumbu.
 
Cinderamata :
  • Batik, yaitu batik yang bermotif khas pesisiran dengan corak warna yang digunakan lebih bernuansa pop art yang memberikan kesan kemeriahan