Kota Salatiga

Kota Salatiga dikenal sebagia kota pendidikan dan berhawa sejuk terletak diatas ketinggian sekitar 450 – 800 meter diatas air laut, dengan luas wilayah ± 60 km², posisinya didalam wilayah Kabupaten Semarang dan secara geografis Kota Saltiga pada posisi antara 110º 28? – 110º 32? Bujur Timur dan 7º 17? – 7º 23? Lintang Selatan.  Kota Salatiga sejak jaman Belanda digunakan tempat peristirahatan sehingga banyak  bangunan kuno peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih berdiri. Daya tarik wisata yang ada di kota Salatiga adalah, Wisata Alam Agro Wisata Salib Putih, Wisata Buatan Kolam Renang Kalitaman
 
AGROWISATA SALIB PUTIH
Dinamakan Salib Putih karena terdapat monument berbentuk salib yang berwarna putih. Merupakan perkebunan kopi yang berdiri sejak tahun 1902 yang awalnya digunakan untuk kegiatan sosial keagamaan. Terletak di lereng Gunung Merbabu yaitu di Jl. Salatiga – Kopeng Km 4 , Kel. Kumpulrejo, Kec. Argomulyo.
 
Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, jaln lintas alam, areal perkemahan, kedai kopi. Telp: (0298) 325498, Fax: 327609.
 
KOLAM RENANG KALITAMAN
Kolam renang ini terletak di jalan Kalitaman Salatiga bertaraf nasional dengan dilengkapi kamar ganti, ruang tunggu dan tempat bermain anak. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, ruang tunggu, tempat bermain anak-anak.
 
ATLANTIC DREAMLAND
Daya Tarik wisata permainan air yang berada di tepi jalan raya, sekitar  300 m sebelah Barat Bus  Terminal Tingkir. Beberapa fasilitas  rekreasi yang  ditawarkan  cukup lengkap seperti : arena bermain Flying Fox dan Bungge Trampoline, Kolam Renang anak dan dewasa (Swiming Pool),  Waterboom untuk anak-anak dan dewasa, ATV circuit, Baterai car,  Jet Coster,  Junior Coster, Bom-bom Car, Caroseil, Playground, Outbound arena for kids,  Mandi Bola–Kids Arena serta Game Center. Hal yang   menarik terdapat dalam permainan flying fox, selain meluncur dari atas tower setinggi 13 m,  pengunjung akan dibawa melintasi hampir setengah arena wisata dan dapat melihat semua permainan dibawahnya dimana pengunjung melintas. Telp: (0298) 323014, 322157, Fax: 314695
 
Keunikan  Seni Budaya
Prosesi I Suro Ki Hajar Sampurno, dilaksanakan setahun sekali pada 1 Suro.
 
Kuliner
  • Enting-enting gepuk, yaitu  crecker dari bahan kacang dan gula yang digepuk (ditumbuk).
  • Kripik paru, kripik dari paru-paru sapi.