Kabupaten Semarang

Alamat Website http://www.semarangkab.go.id/

Kabupaten Semarang dengan ibukotanya Ungaran merupakan satu dari 35 kabupaten/kota yang menjadi bagian wilayah dari Provinsi Jawa Tengah. Terletak pada posisi 110" 14" 54,74" - 110" 39" 3" Bujur Timur dan 7" 3" 57" - 7" 30"0" Lintang Selatan, kabupaten ini memiliki luas wilayah 95.020,674 Ha atau sekitar 2,92% dari seluruh wilayah Jawa Tengah.

Secara administratif, kabupaten ini terbagi dalam 19 kecamatan, 27 kelurahan dan 208 desa. Kabupaten ini berada pada jalur lintas pariwisata yang biasa disebut "Joglosemar", Yogyakarta, Solo, Semarang. Wilayah ini berbatasan langsung dengan ibukota Jawa Tengah, Kota Semarang di bagian utara dan juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Demak. Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Kendal.

Kabupaten Semarang berada pada ketinggian berkisar 500-2000 meter diatas permukaan laut. Ketinggian terendah berada di desa Candirej, Kecamatan Pringapus dan wilayah tertinggi yakni desa Batur Kecamatan Getasan.

Memiliki rata-rata curah hujan 1.979 mm dengan banyaknya hari hujan 104, hal ini karena letak geografis yang dikelilingi pegunungan dan sungai. Sebagian besar wilayah ini tergolong sebagai wilayah yang sejuk. Pegunungan yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Semarang yakni gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan sejumlah pegunungan lainnya.

Sedangkan sungai yang mengalir di wilayah ini yakni kali Garang, Rawa Pening, Kali Tuntang dan Kali Senjoyo. Dengan kondisi itu, kabupaten ini tergolong memiliki banyak objek aneka objek wisata alambaik pegunungan ataupun danau. Beberapa tempat yang menarik dan cukup terkenal antara lain candi Gedong Songo, Bandungan, Rawa Pening, Kopeng dan wisata sejarah Museum Kereta Api Ambarawa.