Kabupaten Pekalongan

Alamat Website http://pekalongankab.go.id/

Menyandang nama yang sama dengan tetangga dekatnya, Kabupaten Pekalongan punya karakteristik yang berbeda dengan wilayah Kota Pekalongan. Sebagian besar dari wilayah seluas 83.613 hektare didominasi areal pertanian.

Namun bukan berarti sektor industri manufaktur tidak tumbuh berkembang di wilayah ini. Banyak industri menengah termasuk tekstil dan garmen berkembang di Kabupaten Pekalongan. Industri batik dan kerajinan skala rumah hingga menengah juga menopang ekonomi sebagian penduduk

Kabupaten Pekalongan yang beribu kota Kajen ini memang terus berkembang. Pantauan di Kajen pada akhir Mei 2012 menunjukkan di ibu kota ini terus berkembang dan kian ramai. Bertambahnya banyaknya bank yang membuka kantor cabang menandakan Kajen terus tumbuh berkembang.

Akses jalan hingga ke pelosok saat ini juga terus diperbaiki, antara lain melalui pengerasan permukaan jalan dengan cor beton. Tekstur tahan yang labil menyebabkan biaya pemeliharaan jalan konvensional menjadi mahal. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten setempat mengecor semen di atas permukaam, agar jalan lebih awet.

Kabupaten ini juga menyimpan potensi wisata di sejumlah titik, baik wisata sejarah, alam, maupun wisata lainnya. Tentu tidak lengkap berada di Kabupaten Pekalongan tanpa merasakan masakan khas daerah setempat.