Kabupaten Jepara

Alamat Website http://www.jeparakab.go.id/

Menyusuri Kabupaten Jepara, terutama di kotanya, terasa menikmati keteduhan dan keasrian. Hampir di semua jalan di kawasan perkotaan Jepara tertata rapi dan bersih sehingga membuat nyaman warganya. Tidak mengherankan bila Jepara menjadi langganan peraih Piala Adipura.

Meskipun sebagian wilayahnya berupa pesisir, daerah Jepara dikaruniai kesuburan tanah yang menakjubkan sehingga hampir semua jenis tanaman bisa tumbuh di kabupaten seluas 1.004,13 km2 ini. Oleh karena itu durian unggul varietas petruk juga lahir di tanah Jepara. Hampir semua tanaman buah yang tumbuh di Jepara memiliki kualitas sangat baik, seperti rambutan (ace), alpukat, petai, hingga jengkol.

Jepara memang nyaris identik dengan ukiran kayu dan mebel. Itu tidak salah karena ratusan ribu warganya terlibat langsung maupun tidak langsung dalam bisnis ini. Produk kayu Jepara bukan saja tersohor di dalam negeri. Produknya sudah menembus pasar lima benua dengan pesanan yang tiada putus dari importir selama puluhan tahun. Itu menandakan bahwa mutu produk kayu Jepara bisa diterima konsumen luar negeri yang memiliki standar mutu tinggi.

Sejak beberapa tahun terakhir ini bisnis pariwisata di Jepara juga tumbuh pesat. Sebagai pemilik pantai berpasir putih dengan deru ombak yang relatif tidak besar, sungguh ini merupakan potensi besar. Oleh karena itu tidak mengherankan bila di Pantai Bandengan, misalnya, banyak tumbuh rumah penginapan termasuk hotel berbintang. Alun air laut, pasir putih, disertai laut biru cemerlang menjadi pemandangan sehari-hari di luar musim hujan. Oleh karena itu, banyak turis memanfaatkan laut Bandengan untuk olah raga air.

Potensi alam, kekayaan atas keterampilan warganya dalam menghasilkan produk bermutu, hingga keragaman kuliner tradisional, menjadikan Jepara sebagai daerah layak tujuan wisata yang menawarkan beragam kesenangan yang dibutuhkan para turis. Pantai Kartini hingga kini masih tetap menjadi magnet kuat bagi wisatawan. Saat ini pula terus berbenah dengan patung kura-kura raksasa sebagai ikonnya.

Kalau Anda saat berkunjung ke Jepara bersamaan dengan laga Persijap dengan lawannya dalam kompetisi Indonesia Super League, rasakan sensasi penuh gelora pendukung fanatik Persijap di Stadion Gelora Bumi Kartini. Embusan angin di Stadion GBK dari seberang pantai terasa menyejukkan di tengah sorak sorai fans Laskar Kalinyamat tersebut.

Jepara memang memiliki kekayaan begitu beragam. Dan, yang lebih menggembirakan, warga dan pamongnya (pemerintah) mampu mewujudkannya dari daerah yang "terisolasi" -- karena letaknya di "punuk" sapi dalam peta Jawa Tengah -- menjadi kabupaten yang dinamis dan menyenangkan.

Beragam kekayaan alam dan sumber daya manusia terampil itulah yang menyebabkan warga kabupaten ini bisa hidup lebih makmur ketimbang kabupaten lain yang mengalami nasib sama sebagai wilayah "terpencil".