Kabupaten Grobogan

Alamat Website http://grobogan.go.id/

Perjalanan dari Kota Semarang menuju Purwodadi, Ibu Kota Kabupaten Grobogan, memang terasa melelahkan karena sebagian jalan yang dilewati permukaannya masih belum mulus, bahkan bergelombang. Sebagian lagi memang sudah menggunakan cor beton sehingga rata dan nyaman.

Namun, rasa lelah itu terbayar sudah karena di sepanjang perjalanan kita bisa menikmati pemandangan alam yang beragam. Ada sawah yang menghijau, kemudian tanah tegalan yang banyak digunakan untuk memelihara hewan ternak seperti sapi dan kambing. Di kanan kiri jalan juga tumbuh industri berskala mikro dan kecil. Ini menandakan bahwa Grobogan dengan luas wilayah 1.975,865 kilometer persegi itu bergeliat ekonominya.

Kabupaten berpenduduk sekitar 1,5 juta jiwa ini memang terbilang luas dengan beragam tekstur tanah, yang terdiri atas 19 kecamatan, 273 desa, dan tujuh kelurahan. Mayoritas warganya menggantungkan hidup dari sektor pertanian.

Sektor pertanian memberikan kontribusi produk domestik bruto hingga 40 persen. Namun, juga memiliki potensi tambang cukup besar sehingga pada 2012 ada investor mulai menjajaki untuk mendirikan pabrik semen di daerah ini. Kelak, bila berdiri pabrik semen, perekonomian Grobogan bakal melaju lebih kencang karena sektor-sektor lain juga akan menggeliat.

Kabupaten bukan hanya memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti hasil hutan berupa kayu. Potensi diikuti dengan berkembangnya bisnis furniture dan kerajinan berbahan kayu. Selain itu, juga memiliki produk andalan, seperti, sapi bibit, sale pisang, melon merah, kecap, paha katak, sarang burung walet, dan kerajinan. Tanaman buah juga berkembang baik di daerah ini seperti semangka dan melon.

Keajaiban juga dimiiliki Grobogan. Betapa tidak, ada dua fenomena alam nan unik dimiliki kabupaten ini, yakni Bleduk Kuwu dan sumber api abadi Mrapen. Melihat Bleduk Kuwu seperti menyaksikan letusan-letusan kecil tiada henti dari kawah lumpur yang memiliki kandungan garam tinggi. Sedangkan api abadi Mrapen menawarkan eksotisme alam dengan semburan api dari bawah tanah.