Kabupaten Batang

Alamat Website http://batangkab.go.id/

Kabupaten Batang terletak 93 kilometer dari Kota Semarang ini memiliki daerah pantai, dataran terendah, dan pegunungan. Dengan kondisi ini Kabupaten Batang memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Kabupaten Batang memiliki luas wilayah 788,64 km persegi dengan ibukota Kabupatennya berada di Kota Batang. Secara geografis Batang terletak pada 6" 51" 46" - 7" 11" 47" Lintang Selatan dan 109" 40" 19" - 110" 03" 06" Bujur Timur.

Wilayah Kabupaten Batang merupakan perbukitan dan pegunungan serta dataran rendah di sepanjang pantai utara yang tidak begitu luas, sedangkan di bagian selatan terdapat dataran tinggi Dieng dengan puncaknya Gunung Prahu. Secara administratif Kabupaten Batang dibatasi dengan Kabupaten Wonosobo dan kabupaten Banjarnegara di sebelah selatan, Kabupaten Kendal di sebelah timur, Kota/Kabupaten Pekalongan di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara.

Kabupaten yang memiliki keunikan geografis di Jawa Tengah. Pusat kota Kabupaten Batang memang berada di pinggiran pantai dan berhawa cukup panas, namun daerah ini juga memiliki wilayah dengan ketinggian cukup ekstrem, mulai dari nol meter hingga ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Oleh karena itu tidak mengherankan, Kabupaten Batang dengan jumlah penduduk mendekati 700.000 jiwa ini memiliki sumber penghidupan dari kawasan laut dan pegunungan. Potensi pariwisata kabupaten dengan luas wilayah 78.864,16 hektare ini juga memiliki karakter pesisir/laut dan pegununungan.

Sebagai kabupaten yang memiliki posisi geografis strategis, karena menjadi lintasan jalur utama pantura yang mengubungkan ujung barat dan ujung timur Pula Jawa, Kabupaten Batang terus bergeliat mengembangkan potensinya. Melinik posisinya yang strategis, daerah ini kelak akan menjadi salah satu kawasan industri dan perdagangan terkemuka di Jawa Tengah. Puluhan industri besar, terutama di bidang tekstil dan garmen, juga berdiri di daerah ini. Keberadaannya menopang pergerakan industri garmen dan batik di daerah tetangganya, Pekalongan.

Selain itu, Batang juga memiliki kekayaan alam dan ekonomi beragam, mulai dari hutan jati, perkebunan the, gondorukem, hingga objek pariwisata kawasan laut. Bila Anda tiba di Batang, tidak ada salahnya meluangkan waktu sejenak untuk menikmati objek wisata yang ada di daerah ini.

Bila Anda ingin menikmati udara sejuk, sejumlah objek wisata dataran tinggi bisa menjadi pilihan. Namun, bila Anda merasa lebih nyaman berada di kawasan pesisir, silakan menikmati desiran ombak dan angin khas suasana pantai.

Tersedianya sejumlah hotel berbintang di Kabupaten Batang juga memudahkan setiap wisatawan untuk menghabiskan waktu hingga malam di daerah ini. Aneka makanan khas juga tersaji di daerah, namun bila ingin mendapatkan pilihan lebih banyak lagi, menuju Kota Pekalongan bukan pilihan yang salah. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit menuju Kota Pekalongan. Di Kota Batik ini pengunjung memiliki banyak pilihan makanan, mulai dari yang tradisional hingga modern.