Tahun 2017 Subsidi Listrik 900 VA Bagi Masyarakat Mampu Dihapus

Kam, 29/12/2016 - 15:40 -- humasjtg1

WONOGIRI - Tahun 2017 subsidi listrik 900 VA bagi masyarakat mampu akan dicabut. Hanya masyarakat miskin yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang akan menerima subsidi. Hal ini disampaikan oleh Heru Nur Iswantoro, Kabid Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bappeda Kabupaten Wonogiri dalam acara Rapat Koordinasi Pemanfaatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) di Ruang Udan Mas Bappeda Kabupaten Wonogiri, Rabu (28/12) yang dihadiri oleh perwakilan SKPD dan Camat se-Kabupaten Wonogiri.

BDT merupakan sistem data elektronik yang memuat informasi sosial dan ekonomi rumah tangga berikut individu dengan tingkat kesejahteraan terendah yang digunakan dalam penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Dalam paparannya Heru menegaskan bahwa kebijakan ini mulai diterapkan per 1 Januari 2017 sehingga diharapkan seluruh elemen untuk segera mensosialisasikan informasi ini guna mengatasi adanya komplain atas naiknya bayaran listrik di bulan bulan mendatang.

“Bagi masyarakat yang merasa layak menerima subsidi namun namanya belum masuk dalam Basis Data Terpadu dapat mengajukan aduan ke Kecamatan yang nanti akan dilanjutkan hingga ke kementrian ESDM,” terang Heru.

Heru berharap seluruh jajaran di tingkat kecamatan untuk bergerak cepat dengan memanfaatkan wadah komunikasi di tingkat desa/kelurahan hingga ke RT agar masyarakat paham adanya kebijakan baru ini sehingga masyarakat dapat menyikapi dengan bijaksana dan perangkat desa siap dengan adanya komplain masyarakat atas kebijakan tersebut. (humas_yuni)