Pengerjaaan Proyek Jalan Tembus Pesangkalan-Sadang Rampung

Kam, 29/12/2016 - 15:44 -- humasjtg1

Pengaspalan Dijadwalkan Awal 2017

BANJARNEGARA – Tahap pertama Pengerjaan Proyek jalan tembus Banjarnegara-Kebumen lewat Pesangkalan- Sadang selesai sudah rampung . pada tahap kedua nanti berupa pengaspalan jalan akan dilakukan pada tahun 2017 nanti sambil menunggu kesepakanan antara pemkab. Kebumen dan Pihak perhutani terkait ijin pembebasan laha pertanian dari Sadang menuju kebumen.

Jalan tembus Banjarnegara-Kebumen tersebut melalui -Pesangkalan-Srisip di Kecamatan Pagedongan tembus hingga Sadang Kabupaten Kebumen.

“Rencana tahun 2017 nanti baru akan dilakukanan pengaspalan, sambil menunggu ijin perhutani wilayah Kebumen soal ijin pembebasan lahan untuk jalan Sadang menuju Kebumen,” kata kasie pemeliharaan jalan pada dinas pekerjaan umum Banjarnegara Arqom Alfami, (28/12) kemarin

Jalan Pesangkalan Sadang sepanjang 1,5 kilometer tersebut memiliki lebar 6 meter,diharapkan akan menjadi jalan alternatif lain yang akan mengubungkan Banjarnegara Kebumen, selain melalui jalur Gandulekor menuju Gombong Kabupaten Kebumen.

Sementara untuk mendukung peningkatan jalan Pesangkalan sadang , juga akan di bangun jalan Desa Watubelah menuju pesangkalan sepangjang 6 kilometer dengan anggaran 4,5 miliar dana akan direalisaikan pada tahun 2017 mendatang.

“Idealnya jalan yang akan dibangun lebarnya 6 meter, namun jika melihat lahan yang ada maksimal jalan tersebut lebarnya hanya 5 meter,” lanjut Arqom.

Terpisah Pejabat Bupati Prijo Anggoro mengatakan, dengan terealisasinya ruas jalan Sadang-Pesangkalan tersebut diharapkan dapat membuka akses dua kabupaten yakni Banjarnegara dan Kebumen. ’’Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dua kabupaten,’’kata Anggoro.

Lebih lanjut Anggoro mengatakan debagn terbukanya akses jalan tersebut akan mendukung aktivitas ekonomi masyarakat dari dua daerah, serta akan memicu percepatan pembangunan di wilayah perbatasan. Selama ini, akses Banjarnegara-Kebumen masih mengandalkan jalur Sempor. Karena itu,sehingga rencana pembukaan jalan tembus lewat Pesangkalan- Sadang mendapat dukungan dari masyarakat.(**anhar)