Pemkot Magelang Kucurkan Dana Hibah Rp 1,177 Miliar

Kam, 29/12/2016 - 08:22 -- humasjtg1

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang memberikan dana hibah kepada tujuh badan, organisasi, atau lembaga penerima dana hibah. Bantuan yang bersumber dari APBD tersebut diserahkan Walikota Magelang Sigit Widyonindito kepada penerima di ruang sidang lantai 2 Setda Kota Magelang, Rabu (28/12/2016).

Ketujuh badan, organisasi, atau lembaga penerima dana hibah itu antara lain, KONI Rp1 miliar, PWRI sebesar Rp56,6 juta, PCNU memperoleh Rp40 juta, PD Muhammadiyah Rp35 juta. Kemudian, Yayasan Dian Dharma Magelang menerima sebesar Rp27,8 juta, Purna Paskibraka Rp 8,05 juta, dan Yayasan Masjid Sirojul Huda mendapatkan Rp10 juta.

“Paling besar KONI, Rp 1 miliar ini jangan dimeri (iri). Saya hanya ingin berpesan apa yang sudah baik capaian KONI bisa dipertahankan, syukur ditingkatkan. Prestasi olahraga kita di tingkat Jawa Tengah sudah diperhitungkan," Kata Sigit.

Selain badan, lembaga, dan organisasi penerima dana hibah, Pemkot juga mencairkan Rp151.353.500 untuk banpol. Ada tiga partai yang mendapatkan dana tersebut di antaranya, DPD Partai Golkar sebesar Rp81,126 juta, Partai Amanat Nasional (PAN) Rp43,595, dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Rp26,631.

Walikota Sigit Widyonindito menegaskan perlunya kehati-hatian yang lebih dalam menggunakan dana hibah, agar tidak terjadi penyimpangan. Sebab, bantuan tersebut disinyalir sering terjadi penyalahgunaan dan tak sedikit berujung pada kasus hukum.

"Penggunaannya harus sesuai dengan ketentuan dan aturan agar tidak bermasalah. Bantuan partai politik (banpol) misalnya, surat pertanggung jawabannya juga mesti tertib, kita itu intens diverifikasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pesan saya, gunakan ini sesuai aturan, salah satunya untuk program pendidikan politik," ujarnya.

Ia menyebutkan, hibah dan banpol bisa langsung dicairkan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD). Ia meminta agar penggunaannya harus sesuai dengan proposal yang sudah diajukan.

"Silakan manfaatkan dengan baik, terutama untuk menggerakkan olahraga kita. Untuk yang lain juga sama, jangan hanya sekadar menghabiskan. Kalau memang sisa ya kembalikan," tandasnya.