"Rasulan" (Bersih Desa), Tradisi Budaya Masyarakat Sukoharjo

Date: 
Sabtu, 8 November, 2014
Lokasi: 
Sukoharjo
Categories: 

Rasulan atau sering disebut dengan bersih desa merupakan salah satu tradisi kebudayaan dari masyarakat Sukoharjo utamanya bagi para petani sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah jauh dari serangan hama dan penyakit.

Rasa syukur itu diungkapkan dengan menggelar pagelaran pentas wayang kulit semalam suntuk atau dengan kenduri .Mereka mengumpulkan dana secara swadaya atas hasil panen yang melimpah kemudian juga secara bersama-sama mengadakan gotong royong dalam pelaksanaan bersih desa.

Di Dukuh Ngemul Desa Sidorejo Kecamatan Bendosari dan Dukuh Keboan Kalurahan Mandan Kecamatan Sukoharjo, Sabtu malam (8/11), melaksanakan tradisi bersih desa dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Tomo Pandoyo dan Ki Samijan keduanya mengambil lakon yang sama yaitu Pandawa Syukur.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati, Drs H Haryanto,MM yang juga sebagai ketua paguyuban dalang Sukoharjo, memberi sambutan bahwa menyatakan bangga ternyata masyarakat Sukoharjo masih peduli nguri – uri budaya jawa yang adiluhung ini.

Dengan adanya rasulan ini para dalang yang di Sukoharjo sebanyak 98 orang belum termasuk para dalang muda, diharapkan dapat menyampaikan pesan-pesan moral yang positif bagi masyarakat. Hadir pada kesempatan ini Kabag Pemdes, Sumantyo, Camat, Lurah, tokoh masyarakat dan tamu undangan. (dn)