Festival Budaya Klaten

Date: 
Minggu, 13 September, 2015 to Rabu, 16 September, 2015
Lokasi: 
Kabupaten Klaten
Categories: 

KLATEN - Menjelang akhir tahun 2015 Pemerintah kabupaten (Pemkab) Klaten bekerja sama dengan Dewan Kesenian Klaten (DKK) akan menggelar acara Festival Budaya Klaten (FBK) tahun 2015.

"Dalam FBK ini nantinya akan menampilkan 19 macam kegiatan budaya dengan anggaran sekitar Rp 3,2 milyar. Dan akan dialksanakan selama empat bulan mulai akhir Agustus hingga Nopember 2015", ujar Ketua II DKK, FX Setyawan, Kamis (10/9).

Selain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, FX Setyawan menambahkan bahwa gelaran ini merupakan sebuah ikhtiar Pemkab dan Dewan Kesenian untuk mengembangkan kehidupan bersekenian di Kabupaten Klaten.

"Ini adalah usaha kita untuk Ngurupke (menyalakan), Nguripke (menghidupkan) dan Ngirapke (mempromosikan) seni budaya kepada masyarakat agar tetap mencintai kesenian yang ada di Klaten", tuturnya.

Menurut FX Setyawan, kegiatan FBK telah diawali dengan Festival Karawitan Klaten di pedapa Pemkab pada 28 Agustus 2015, Festival Ketoprak Pelajar dan Ketoprak Anak di awal September 2015.

Sedangkan beberapa kegiatan lain diantaranya, Festival Sepeda antik di alun-alun Klaten, tanggal 13 September 2015, pameran seni rupa dan seni kerajinan rakyat serta barang antik 13-16 September 2015, Sendratari kolosal, Festival keroncong, Sarasehan Sastra Jawa hingga konser band Wali dan Ebiet G Ade.